Health

4 Alat Dapur Rawan Bakteri

Perhatikan kebersihan alat dapur anda (Unsplash/Caroline Attwood)

OPSI.ID – Makanan yang sehat bukan hanya ditentukan dari bahan makanannya saja. Tetapi juga dari cara dan tempat memasaknya. Berawal dari dapur yang bersih, Anda akan mendapatkan manfaat dari makanan yang Anda konsumsi secara utuh. Maka, penting bagi Anda untuk menjaga kebersihan dapur Anda. Bila makanan Anda dimasak dengan peralatan yang tidak bersih, maka makanan Anda bisa terkontaminasi bakteri.

Benda di dapur rawan bakteri berikut ini sebaiknya selalu Anda perhatikan kebersihannya.

Pisau

Pisau digunakan untuk memotong berbagai macam bahan makanan. Anda sebaiknya memisahkan antara pisau daging dan sayur, agar tidak terkontaminasi bakteri. Kemudian pastikan Anda selalu mencuci pisau segera setelah digunakan.

Talenan

Sama halnya dengan pisau, talenan juga menjadi peralatan dapur yang digunakan untuk mengolah berbagai bahan makanan. Anda sebaiknya membersihkan dulu talenan setelah digunakan untuk mengolah satu bahan makanan. Kemudian baru digunakan untuk mengolah bahan makanan lainnya. Pastikan juga Anda selalu mencuci dan mengeringkannya segera setelah selesai memasak.

Spons

Spons cuci piring merupakan salah satu benda di dapur yang paling banyak mengandung bakteri. Apalagi bila Anda membiarkannya terendam di dalam air sabun pencuci piring. Anda sebaiknya mengganti spons cuci piring maksimal seminggu sekali. Cuci dan keringkanlah spons cuci piring setelah selesai digunakan.

Lap dapur

Pada lap dapur terdapat banyak bakteri. Anda juga sebaiknya segera mencuci dan mengganti lap dapur yang kotor. Tetap menggunakan lap dapur yang kotor hanya akan memindahkan bakteri dari lap dapur ke bagian dapur yang Anda bersihkan. Cuci lap dapur maksimal tiga hari sekali.

Penulis:Rianti Fajar

Editor :Redaksi

Sumber :1health.id