Kabar Lapangan

Banyak Sanksi Tapi Persib Masih Seksi

Skuat Persib (Eka / OPSI.ID)

OPSI.ID, Bandung – Persib Bandung merupakan salah satu klub sepakbola yang seksi. Baik itu bagi sponsor ataupun masyarakat pencinta sepakbola.

Begitu banyak fans yang mengidolakan tim berjuluk Maung Bandung itu. Dilihat di twitter, jumlah pengikut di akun resmi klub sekitar 3,18 juta.

Lebih banyak lagi menilik laman Facebook Persib yang mendapatkan likes sekitar 9,7 juta. Bahkan di Instagram pun Persib lebih banyak pengikutnya dibanding kontestan Liga 1 lainnya.

Selain itu, rating televisi yang hampir selalu tinggi, maka tak heran begitu mudah Persib menggaet sponsor. Saat melakukan launching pada Maret 2018 lalu, manajemen mengumumkan ada 14 sponsor yang terikat dengan Persib untuk musim ini.

Levelnya beragam. Untuk sponsor utama, Persib didukung Indofood, Go-Jek, dan Bank Permata Syariah. Ada pula sponsor lain yang ikut mentas di bagian depan jersi Persib seperti Elevenia dan Corsa.

Adapun di bagian bahu, seragam para pemain menampilkan Pria Punya Selera. Masih ada sponsor lainnya yang mendapatkan porsi tampil dari kiprah Persib di Liga 1 2018, seperti Kopi ABC, FWD, Sportama, Achilles Radial, Envi, ISMC, dan 96.4 FM.

Bahkan, untuk kostum latihan saja, Supardi Nasir dan kolega menghadirkan brand Panther Energy di seragam mereka.

Namun, perlu dicatat bahwa Persib tak bisa sekadar mengandalkan jumlah penggemar yang melimpah. Sebuah kewajiban pula bagi manajemen menjaga citra klub agar para sponsor tetap mau digandeng ke depannya.

Nah, pamor Persib agak jatuh belakangan. Musababnya apa lagi kalau bukan kasus kematian Haringga Sirla menjelang laga Persib vs Persija Jakarta, Minggu 23 September lalu.

Dari kejadian tersebut pastinya berimbas kepada sponsor. “Semua sponsor kita jelaskan semua satu-satu, kita jelaskan apa adanya. Tapi intinya mereka tetap komitmen dan support,” ujar Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB) Teddy Tjahjono.

Bahkan, kata Teddy akan ada tambahan sponsor untuk musim depan. “Insya Allah ada tambahan,” ujarnya.

Penulis:Kaivan Prakasa

Editor :Iqbal Kukuh

Sumber :OPSI.ID