News

Bekasi Terapkan IPAL Folder dari Limbah Rumah Tangga

OPSI.ID, Bekasi – Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL) Folder Galaxy sudah berjalan 80 persen, IPAL Folder yang berlokasi di Komplek Galaxy, Kelurahan Pekayon, Kecamatan Bekasi Selatan, Jumat (15/2/2019).

Diketahui, Proyek ini di inisasiasi dan di biayai oleh Japan international coperatif agensi (Jaica), lalu Jaica mempercayakan kepada PT. Gapura Karya Mandiri (GKM) sebagai kontraktor pelaksanaan, dalam rangka mengatasi pencemaran limbah rumah tangga.

Pemasangan IPAL Folder ini, rencananya akan berlanjut pada setiap kecamatan di Kota Bekasi, dengan konsep ramah lingkungan serta dapat menjernihkan limbah rumah tangga.

“November 2018 kita sudah melaksanakan pekerjaan dan ditargetkan selesai pada bulan maret 2019”, kata Pelaksana Proyek, Warnadi, dengan didampingi Murhidin pada 14 Februari lalu.

Saat ini, jumlah pekerja ada 23 orang, namun itu tergantung beban kerja (fluktuatif). Pekerja juga mendapatkan jaminan kecelakaan kerja dan kesehatan langsung dari PT GKM dalam kesejahteraan, keselamatan dan pengobatan, imbuhnya.

Warnadi juga mengatakan, Pekerjaan ini juga melibatkan Pemerintah Kota Bekasi, khususnya Dinas Lingkungan Hiduo dan Dinas Binamarga, dari awal pekerjaan sampai saat ini.

Jelasnya, pelaksanaan kerja IPAL ini dengan sistem penyaringan Biocord dengan sirkulkasi penyaringan sedemikian rupa, sehingga limbah rumah tangga, minyak goreng, shampoo, sabun dan lainnya, bisa tersaring dan layak untuk mandi dan cuci baju, namun tidak layak untuk diminum.

Sistem penahanan kita gunakan batu bronjong, karena pernah menggunakan bambu, namun kita mengalami koebocoran, semoga bisa selesai bertepatan dalam rangka menyambut HUT Kota Bekasi.

Penulis:Nugie Nugroho

Editor :Redaksi

Sumber :OPSI.ID