News

Dalam Peralihan Cuaca, Dinkes Bekasi Utamakan Layanan Home Visit

OPSI.ID, Bekasi – Home Visit dalam program Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi, adalah salah satu tehnik pengumpulan data dengan cara mengunjungi rumah warga sebagai pelayanan kesehatan secara rutin.

Dalam hal ini, Dinkes Kota Bekasi memberikan program kepada seluruh UPTD Puskesmas di Kota Bekasi untuk melakukan home visit secara rutin.

Rutinitas home visit bertujuan memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat, yang mungkin dari sebagian warga yang belum sempat berobat ke puskesmas, atau bagi warga yg belum tahu lokasi puskesmas.

Oleh karena itu, Kepala Dinkes Kota Bekasi, Tanti Rohilawati sangat berharap kepada kader atau pengurus RT dan RW agar bisa memberikan informasi kepada puskesmas jika ada warga yg sakit, namun tidak mampu berjalan ke puskesmas atau rumah sakit.

“Kita sangat berharap sinergitas pengurus RT dan RW, karena mereka yang lebih dekat kepada warga,”ujarnya.

Dalam kegiatan home visit ini, Tanti menerangkan, bahwa petugas yang melakukan kunjungan hanya melakukan pengecekan apabila ada warga sakit, menanyakan kepada keluarga pasien riwayat penyakit, dan memberikan penyuluhan dalam antisipasi penyakit yang diderita.

“Perlu diketahui, home visit hanya dilakukan pada jam kerja, dan tidak pada hari libur,”katanya saat ditemui di ruangan, Senin (1/7).

Tanti menambahkan, pada peralihan musim ini ada beberapa kasus penyakit yang perlu diutamakan, seperti DBD, Diare, dan Ispa. Kasus ini menjadi hal yang rawan, dan menjadi catatan bagi masyarakat untuk melakukan peran serta masyarakat (PSM).

“PSM sangat penting dalam gerakan antisipasi warga dan tim puskesmas. Harus menitik beratkan kepada penanaman kepada PSM,”tuturnya.

Penulis:Nugie

Editor :Redaksi

Sumber :Opsi.id