News

Liput Tahanan Kabur, Hp Wartawan di Rampas, Ketua PWI Pasuruan Desak Kapolres Tindak Tegas Anggota

Ketua PWI Pasuruan Joko Hariyanto

OPSI.ID,Pasuruan – Peristiwa kaburnya tiga tahanan Narkoba dari Polres Pasuruan Kota yang terjadi beberapa hari kemaren, menimbulkan polemik dan kesalahpahaman yang berbuntut panjang. Hal itu lantaran adanya tiga wartawan yang meliput mendapat perlakuan tidak mengenakkan. ke tiga wartawan itu adalah  Ary Suprayogi salah satu wartawan televisi Nasional dari TV One, Iwan Nurhidayat wartawan Online Suara Publik, Abd. majid dari Jtv dan mereka adalah wartawan wilayah Pasuruan

Kejadian tidak mengenakkan itu adanya merampas Hp milik wartawan, dengan meminta menghapus gambar maupun video hasil liputan yang dilakukan oleh oknum anggota Shabara Polres Pasuruan Kota

Insiden itu terjadi saat wartawan sedang mengambil gambar, tiba – tiba dua orang oknum anggota Shabara Polres Pasuruan Kota satu berseragam dan satu berpakaian preman, berteriak ke arah mereka.

“Hei! Ngapain ini ambil gambar. Sudah ada ijinnya ya dari propam. Sini Hapus!,” teriak mereka bersamaan ada anggota yang berseragam propam di dekat lokasi.

Disisi lain, akibat adanya insiden itu membuat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pasuruan dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Malang, melayangkan kecaman agar meminta maaf secara langsung dan terbuka.

“Mendapati kejadian yang di alami ketiga wartawan saat sedang meliput, kami mendesak semua pihak untuk selalu menghormati perundang-undangan yang berlaku, dan melindungi tugas Jurnalis dalam menjalankan profesinya,” tegas Ketua PWI Pasuruan, Djoko Harianto.

Djoko juga mengingatkan, untuk Kapolres Pasuruan Kota, AKBP Agus Sudaryatno, untuk menjadikan kasus ini sebagai shocktherapi kepada seluruh jajaran agar semua pihak menghormati UU Pers. Joko juga meminta waktu 2×24 Kapolres untuk melakukan Tindakan tegas kepada kedua anggotanya.

Sementara itu, setelah mendengar hal tersebut, Kasubbag Humas Polresta Pasuruan, AKP Endy Purwanto SH, langsung mengambil tindakan mengundang rekan-rekan media untuk bertatap muka.

“Oleh sebab itu, kami mengundang kehadiran rekan wartawan bertatap muka agar tidak sampai terjadi kesalahpahaman,” terang Kasubbag Humas Polresta Pasuruan, AKP Endy Purwanto SH.

Acara tatap muka dengan rekan wartawan, digelar di Joglo Parama Satwika Polresta Pasuruan, Selasa (26/3/2019) siang kemarin. Turut hadir dalam kegiatan tersebut salah satunya Kasatreskoba Polresta Pasuruan, AKP Imam Yuwono, SH serta beberapa anggota lainnya.

Dalam pertemuannya, Endy menjelaskan, bahwa anggota yang terlibat saat itu tidak mengenal bahwa ketiganya merupakan wartawan, oleh karenanya selain meminta maaf, ia juga mengimbau agar kalau mau liputan untuk menghubunginya.

“Hanya terjadi kesalahpahaman, jadi disangka bukan wartawan makanya kalau mau liputan hubungi saya biar kami fasilitasi” imbuh AKP Endy Purwanto SH.

Penulis:Taufik Ismail

Editor :Redaksi

Sumber :OPSI.ID