News

Mengetahui Lokasi Pelayanan Dinas Kependukan Catatan Sipil Kota Bekasi

Ilustrasi

OPSI.ID, Bekasi – Dalam menata pelayanan kepada masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi mempunyai proses yang perlu diketahui.

Menurut surat edaran Nomor : 470/ 1148 -Disdukcapil.Yanduk, tentang proses pelayanan pencetakan KTP elektronik, dalam rangka efisiensi pelayanan kependudukan, Disdukcapil terus memberikan beberapa informasi kepada warga Kota Bekasi.

Beberapa layanan terbagi dalam dua lokasi yang berbeda. Pelayanan bisa melalui kantor kecamatan, dan juga bisa melalui mall pelayanan atau gerai pelayanan publik, yang sudah disediakan.

Dalam hal ini, Kepala Disdukcapil, Taufiq Rahmat Hidayat menyampaikan, untuk proses pelayanan perekaman dan pencetakan KTP elektronik dengan status cetak pertama, pindah datang, perubahan elemen data KTP, perubahan data dan pencetakan kartu keluarga, pencetakan KIA, penerbitan akte kelahiran umum, serta penerbitan akte kematian, bisa dilakukan di kecamatan masing-masing.

Sedangkan untuk proses pencetakan ulang E-KTP yang rusak dan hilang, penerbitan ulang kartu keluarga yang rusak dan hilang, serta penerbitan akte kelahiran yang terlambat, bisa langsung melalui mall pelayanan publik, paparnya melalui keterangan tertulis, Sabtu (29/6).

Perlu diketahui, sambung Taufiq, dalam pelayanan di kantor disdukcapil hanya beberapa jenis, seperti validasi biometrik, pelayanan akte terlambat, kutipan akte, Akte perkawinan dan cerai, serta legalisir data kependudukan.

“Yang pasti sesuai komitmen pendekatan pelayanan, maka dihimbau bagi warga yang membutuhkan pelayanan kependudukan bisa mempelajari ketentuan ini,”tukasnya.

Penulis:Nugie

Editor :Redaksi

Sumber :Opsi.id