Health

Paparan Asap Rokok dapat Pengaruhi Pendengaran Anak

OPSI.ID – Efek negatif dari kebiasaan merokok sudah menjadi hal yang tak pernah habis diperbincangkan. Efek asap rokok yang berbahaya pun tak hanya menyerang mereka yang menjadi perokok aktif, namun juga mengancam para perokok pasif.

Jika saat ini Anda sudah memiliki anak, namun Anda tetap aktif merokok, maka Anda perlu memerhatikan kesehatan diri Anda dan anak. Sebagai orang tua, sudah sepatutnya kita memikirkan dan mengusahakan yang terbaik untuk anak kita, termasuk dalam hal kesehatan.

Untuk dapat terbebas dari penyakit, kita perlu memerhatikan apa saja yang masuk ke dalam tubuh anak. Jangan sampai makanan-makanan tidak bergizi merusak sistem kesehatan di dalam tubuhnya. Sayangnya, tanpa kita sadari, bahaya dari kebiasaan merokok justru terabaikan, padahal anak yang sering terpapar asap rokok juga bisa mengalami berbagai ancaman kesehatan.

Pengaruh asap rokok terhadap wanita hamil

Jika seorang wanita tetap merokok walaupun ia sedang dalam keadaan hamil, atau jika seorang wanita hamil sering terpapar asap rokok, ini akn berpengaruh, bahkan pada bayi yang masih berada di dalam kandungannya.

Sebuah penelitian telah mengklaim, bahwa jika bayi yang masih di dalam kandungan sering terpapar asap rokok, ini dapat menyebabkan penurunan aktivitas otak, cacat genetik tertentu, paru-paru yang lemah, dan lain-lain.

Selain itu, ketika seorang wanita hamil sering terpapar asap rokok, maka ini akan memperburuk kesehatannya, dan menyebabkan komplikasi selama persalinan.

Bahaya bagi anak yang menjadi perokok pasif

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal Of Physiology, ketika anak-anak, yang berada dalam kelompok usia 3 bulan hingga 3 tahun, sering terpapar asap rokok, ini dapat menyebabkan suatu gangguan pendengaran tertentu.

Saat anak-anak yang masih sangat muda ini sering terpapar asap rokok, dikarenakan orang tua atau orang-orang yang ada di sekitarnya merupakan perokok aktif, ini dapat menyebabkan perkembangan abnormal pada batang otak pendengaran mereka, sehingga dapat menyebabkan melemahnya fungsi pendengaran.

Jadi kesimpulannya, entah menjadi perokok aktif maupun perokok pasif, keduanya sama-sama mendatangkan bahaya. Bahkan paparan asap rokok pada anak pun akan menyebabkan gangguan pendengaran yang tidak diinginkan. Jadi, masih ingin mendekatkan asap rokok pada diri Anda dan keluarga?

Penulis:-

Editor :Redaksi

Sumber :1health.id, Claudia Ramadhani