News

Pasca Pembunuhan di Dalam Masjid di Sumedang, Tersebar Kebangkitan PKI di Medsos, Polisi : Kabar itu Hoax

OPSI.ID, SUMEDANG – Tersebarnya berita bohong ( hoax) di jejaring media sosial pasca terjadinya pembunuhan yang terjadi di dalam Masjid Miftahul Falah yang berlokasi di Dusun Salam, Desa Sindangsari, Kecamatan Sukasari. Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo menegaskan tidak akan segan segan untuk menangkap dan memproses hukum pelaku penyebaran berita bohong tersebut.
”  Berita bohong tersebut sudah dibagikan sebanyak 4 ribu kali di media sosial facebook. ” Tulisan di akun Bryan Sentosa itu hoax dan sedang kita lacak, ” tegas Hartoyo kepada sejumlah awak media saat konferensi pers, di Mapolres Sumedang, Jumat sore, 15 Februari 2019.
Selain itu, Hartoyo berharap kepada masyarakat untuk bijak dalam menggunakan media sosial dan tidak mengaitkan kejadian tersebut dengan sentimen agama, apalagi disebut kebangkitan PKI. ” Kejadian tersebut dipastikan tidak ada kaitannya dengan kebangkitan PKI, saya luruskan tidak ada PKI, pelaku pembunuhannya adalah tetangganya korban,” ungkapnya.
Kuat dugaan, lanjut Hartoyo, pelaku mengalami gangguan jiwa berat ( skizofrenia )  semenjak berpisah dengan istrinya tiga tahun yang lalu. Hal itu dibuktikan dengan adanya rekam medis dari dokter kejiwaan yang pernah dua kali menangani pelaku,  pelaku mengalami gangguan jiwa berat hingga sering mengalami halusinasi.
“ Pelaku mendapat bisikan, dia berhalusinasi bahwa istrinya diselingkuhi oleh Pepen yang dibacoknya itu, Padahal korban bukanlah Pepen, “bebernya.
Ditambahkan Hartoyo, apabila ada yang menyeret ke issue PKI dan sentimen keagamaan akan kita proses hukum dan jika ada akun abal abal atau beneran yang menyebar berita bohong terkait peristiwa ini mohon disampaikan langsung,” ucap dia.
Ditempat terpisah, Komandan Distrik Militer 0610 Sumedang, Letkol Arh Novianto Firmansyah, memastikan dengan adanya kejadian tersebut tidak ada issue yang berindikasi bangkitnya PKI.” Hasil crosscek bersama unsur terkait di lapangan, dipastikan tidak ada issue yang berindikasi bangkitnya PKI. ” tegasnya.

Penulis:Kiki Andriana

Editor :Redaksi

Sumber :OPSI.ID