News

Pekayon Jaya Menjadi Perwakilan Proklim Tingkat Nasional

OPSI.ID, Bekasi – Kelurahan Pekayon Jaya menjadi perwakilan Program Kampung Iklim (Proklim) tingkat nasional dalam penilaian penghijauan.

Lokasi obyek yang tertuju di Komplek Pondok Pekayon Indah (PPI) di RW 11, Kelurahan Pekayon Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, dengan mengembangkan tiga lingkup RW.

Proklim merupakan suatu program yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam lingkup nasional, dengan melibatkan masyarakat dalam antisipasi dan adaptasi terhadap dampak lingkungan dari peralihan cuaca.

Lurah Pekayon Jaya, Rahmat Jamhari mengatakan, Dinas LH Kota Bekasi menunjuk Kompleks PPI dan mendaftarkan secara nasional karena memang wilayah ini sudah lama melakukan program penghijauan.

“Memang wilayah ini kreatifitasnya dalam penghijauan sangat memukau,”kata Rahmat kepada Opsi.id di Kantor Kelurahan Pekayon, Rabu (10/7).

Terangnya, khusus wilayah RW 11, warga sekitar memang sudah melakukan penghijauan, dengan memanfaatkan fasilitas sosial (Fasos) guna memberdayakan warga yang kreatif.

“Kita selalu melakukan Sosial Kontrol dalam melakukan adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan cuaca,”paparnya.

Rahmat menambahkan, saat ini baru satu lokasi yang terlihat sangat hijau, kita akan kembangkan itu.

Dikatakan, Tim penilai dari KLH sudah datang ke RW 11, tetapi sampai sekarang pengumumannya belum keluar.

Terlihat berbagai jenis tanaman terlihat saat memasuki kompleks RW 11. Tanaman hias atau tanaman lainnya seperti palawija dan lainnya. Tanaman umumnya yang bisa menyerap udara.

Selain Proklim, Kelurahan Pekayon Jaya juga menjalankan Kesehatan, dan Keamanan Kerja (K3) demi menjalankan lingkungan, dan juga kita memberikan bibit tanaman kepada warga.

Penulis:Nugie

Editor :Redaksi

Sumber :Opsi.id