News

Pemerintah Digugat Rakyat Karena Kualitas Udara Memburuk

OPSI.ID, Jakarta – Kualitas udara Jakarta kian memburuk di ulang tahunnya yang ke-492. Selama dua pekan terakhir, di antaranya dari 19-27 Juni.

Jakarta beberapa kali menempati kota dengan kualitas udara terburuk di dunia dengan AQI (indeks kualitas udara) kategori “tidak sehat” dan sudah melebihi baku mutu udara ambien harian (konsentrasi PM 2.5 melebihi 65 uglm3

Data kualitas udara tersebut terlihat di aplikasi pemantau udara Air Visual. Aplikasi ini merekam data dari dua s‘asiun pemantau milik Kedutaan Besar Amerika Serikat, satu stasiun milik BMKG, serta empat alat Air Visual (di Pejaten, Rawamangun, Mangga Dua dan Pegadungan).

Melihat kegentingan ini, sejumlah individu akhirnya secara resmi melayangkan gugatan warga negara atau Citizen Law Suit (CLS) kepada sejumlah lembaga pemerintahan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Gugatan untuk menuntut hak mendapatkan udara bersih.

Terdapat tujuh tergugat. Mereka adalah Presiden RI, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Menteri Kesehatan, Menteri Dalam Negeri, Gubemur DKI Jakarta, serta turut tergugat Gubemur Jawa Barat dan Gubemur Banten.

Istu Prayogi, salah satu penggugat. mengatakan buruknya udara Jakarta berdampak besar bagi kondisi kesehatannya. Istu merupakan warga Depok, yang menghabiskan 30 tahun bekerja di Jakarta.

“Dokter memvonis bahwa paru-paru saya terdapat bercak-bercak, dan menyatakan bahwa paru-paru saya sensitif terhadap udara tercemar. Dokter kemudian menyuruh saya selalu memakai masker karena saya sensitif terhadap udara kotor,”ungkapnya.

Hal itu sangat tidak nyaman dan mengganggu aktifitas dan kerja. Dia yakin di Iuar sana banyak warga yang mengeluhkan hal yang sama dan menderita penyakit yang serupa. Untuk itu dia mengajak semua untuk melakukan gugatan bersama, karena semua punya hak untuk menghirup udara sehat.

Seteiah melewati syarat kelengkapan administrasi dan pengukuhan komitmen calon penggugat. saat ini total sebanyak 31 orang menjadi penggugat. Mereka merupakan warga yang sehari-hari beraktivitas di Jakarta dari berbagai profesi dan latar belakang.

Gugatan ini mendapat dukungan 1078 warga. melalui petisi dalam situs www.akudanpolusi.org.

Polusi udara Jakarta juga viral di media sosial. Warganet mengunggah foto dengan situasi polusi udara di sekitar mereka dengan tagar #SetorFotoPolusi.

Penulis:Nugie

Editor :Redaksi

Sumber :Opsi.id