Daerah

Pemkab LamTim Lakukan Pembelajaran SAKIP Di Jakarta

OPSI.ID – JAKARTA, Pemerintah Kabupaten Lampung Timur lakukan Study Pembelajaran ke Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) yang berada di Jalan Jendral Sudirman Kav. 69, Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (27/09/2019).
Kunjungan tersebut dalam rangka Pendampingan Penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB).
Study Pembelajaran kali ini dipimpin langsung oleh Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari dengan didampingi Plh. Sekretaris Daerah Lampung Timur, Wan Ruslan, para Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur serta Plt. Kepala Bagian Protokol Setdakab Lampung Timur, Khoirul anam, Kepala Bagian Humas Setdakab Lampung Timur, Mujianto dan Kepala Bagian Organisasi Setdakab Lampung Timur, Agus Firmansyah.
Untuk diketahui narasumber pada penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Kabupaten Lampung Timur kali ini ialah Muhammad Yusuf Ateh selaku Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, Dra.Nadinah selaku Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas dan Pengawasan II, serta Dra. Endang Purwaningsih, selaku Analis Kebijakan Madya.
Dalam pemaparannya selaku Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, Muhammad Yusuf Ateh menyampaikan “Bagi kami yang terpenting bapak menerapkan sistem sakip itu bukan masalah nilai-nilai itu. Jadi pak Bupati kalau masuk kategori CC itu bisa saya pastikan minimal 30% dari kegiatan yang bapak ibu lakukan tidak menghasilkan manfaat apapun, sehingga itulah tugas bapak ibu sekalian identifikasikan dan lihat mana kegiatan-kegiatan yang tidak nyambung dan rubah kegiatan itu, yang terpenting kedepan harus tau apa yang dihasilkan, sudah tau indikatornya, dan sudah tau targetnya, setelah itu baru kita lihat kegiatan itu nyambung atau tidaknya”.
Mendengar hal tersebut, dalam wawancara singkat ketika dimintai pendapatnya Zaiful menyampaikan bahwa usai mengikuti kegiatan ini ia akan segera melakukan koordinasi dan komunikasi dengan jajaran pemerintah Lampung Timur.
“Tadi ada beberapa hal yang disampaikan oleh bapak deputi dan saya akan lakukan evaluasi akan hal itu sehingga harapan kita Lampung Timur untuk 3 bulan kedepan akan ada peningkatan baik itu dalam hal kinerja ataupun hasil dari kinerja aparatur kita dimasing-masing OPD”.
“Kita akan coba kembali menyelaraskan program kita yang sudah ada apakah program nya bisa dilanjutkan atau akan ada perubahan, oleh karena itu saya minta kepada kepala OPD untuk mengikuti kegiatan ini dengan baik karena kita akan aktualisasikan untuk dibulan-bulan yang akan datang dan senin besok kita akan langsung lakukan koordinasi serta komunikasi sebagai tindak lanjut dari sini”.
Lebih lanjut Zaiful menekankan bahwa hal terpenting ialah merubah pola pikir dari masing-masing individu.
“Tentunya hasil kita hari ini akan merubah pola pikir agar kita bisa bermanfaat bagi masyarakat Lampung Timur. Oleh karena itu pola pikirlah yang harus kita rubah yang mana selama ini kerjanya datar maka kedepan kita akan coba gerakan supaya peningkatannya drastis”.
Dalam acara tersebut, usai berakhirnya acara, Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari memberikan Cindramata berupa miniatur gajah Lampung kepada Muhammad Yusuf Ateh selaku Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementrian PAN RB.

Penulis:Fauzi

Editor :redaksi

Sumber :OPSI ID