Health

PKM Pekayon Jaya Giat Pemeriksaan ASN dan Non ASN Pada Penyakit Tidak Menular

OPSI.ID, Bekasi – Dalam rangka hari hipertensi, puskesmas (PKM) Pekayon Jaya bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, Kecamatan Bekasi Selatan dan SMAC, lakukan giat pemeriksaan penyakit tidak menular (PTM) bagi ASN dan Non ASN.

Dalam proses pemeriksaan dilakukan pengecekan oleh dokter dari PKM dan SMAC terdiri dari cek gula darah, kolesterol, mata katarak, hingga lingkar perut.

Dalam hal ini, Kepala UPTD PKM Pekayon Jaya, dr. Agung Insani Firdaus mengatakan, tujuan tindakan ini guna pencegahan pada penyakit tidak menular (PTM).

Dikatakan, Setelah pengecekan dan mendapatkan data, bisa dilakukan tindak lanjut jika ada angka yg tidak normal, dan langsung diarahkan periksa ke PKM.

Untuk pengecekan ini, Agung menambahkan, rencananya akan rutin kita adakan, selama tiga bulan sekali, dan juga nantinya mudah-mudahan bisa lanjut pemeriksaan ke sekolah-sekolah.

Diwaktu yang sama, Tim Screening SMAC, dr. Edi menuturkan, SMAC merupakan klinik pelayanan mata yang berlokasi di Pondok Ungu Kota Bekasi.

“Disini kita bertugas sebagai pemeriksaan mata, dengan mendeteksi secara screening mata,”katanya di Kantor Kecamatan Bekasi Selatan, Rabu (3/7).

Disampaikan, Kegiatan ini akan rutin dilaksanakan, karena banyak masyarakat yang mempunyai gangguan mata namun tidak mengetahui berobat kemana.

Maka itu, kami turun ke lapangan, dengan adakan jemput bola dan sosialisasikan kepada masyarakat bahwa kami bisa membantu dalam proses gangguan mata.

“Salah satu upaya kami bekerjasama dengan pemerintah Kota Bekasi,”kata.

Edi memaparkan, unggulan SMAC yaitu operasi katarak, dalam waktu 10 menit bisa tanpa rawat inap, tanpa jahitan, serta aman bagi penderita diabetes dan hipertensi, dengan sistem Vaco emosi vikasi (Laser).

Sebenarnya, lanjut Edi, SMAC sudah hadir di Kota Bekasi sejak akhir tahun 2018, dan kantor pusat kita berada di Rawamangun, Jakarta Timur.

“Yang jelas kita siap bantu warga Bekasi dalam pengobatan mata,”terangnya.

Lebih lanjut Edi menyampaikan, SMAC sangat berharap dan berterima kasih atas ajakan kerjasama dalam melakukan pemeriksaan langsung ke masyarakat.

Penulis:Nugie

Editor :Redaksi

Sumber :Opsi.id