Daerah

Surplus Pengaliran Dana SPP PNPM-MPD Kecamatan Bandar Sribhawono

OPSI.ID – BANDAR SRIBHAWONO, Bupati Lampung Timur, Zaiful Bokhari memberi sambutan dalam acara Penyerahan Dana Bakti Sosial (Surpius) Perguliran Dana SPP PNPM-MPd Phase Out Tahun 2019 di Kantor UPK Dusun II Desa Srimenanti Kecamatan Bandar Sribhawono, Senin (30/09/2019).
Hadir pula dalam acara tersebut, para Asisten, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Nurdin Sifrizal, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Wirham Riyadi, para Kepala Bagian Setdakab Lampung Timur, Camat Bandar Sribhawono, M. Saleh beserta forkopimcam, Serta Ketua BKAD (Badan Kerjasama Antar Desa) Kecamatan Bandar Sribawono M.Syafa’at dan anggota.
Dalam laporannya, Ketua BKAD (Badan Kerjasama Antar Desa) Kecamatan Bandar Sribawono M.Syafa’at menjelaskan bahwa “Kelompok simpan pinjam yang dikelola oleh unit pengelola keuangan dibawah lembaga badan kerjasama desa kecamatan Bandar sribhawono itu pertama mendapatkan modal dari pemerintah yang dulu pnpm mandiri berangsur dari tahun 2008 senilai dua milyar enam ratus juta, sampai agustus 2019 aset yang kami kelola mencapai lebih delapan milyar”.
M.Syafa’at menambahkan bahwa hingga saat ini jumlah kelompok yang dilayani khusus simpan pinjam perempuan sudah mencapai 380 kelompok dengan penerima manfaat berjumlah 1900 orang penerima manfaat.
Sementara itu ditempat yang sama, Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari menjelaskan bahwa Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) sebagai salah satu program pemerintah yang berorentasi pada peningkatan kualitas hidup masyarakat perdesaan, dalam beberapa tahun terkahir ini telah mampu menjadi ikon dari pembangunan partisipatif yang mengakar di kalangan masyarakat.
Hal itu terbentuk karena besarnya kontribusi riil dari program ini terhadap pemberdayaan, peningkatan kualitas hidup dan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat perdesaan.
Salah satu pelaku program tingkat kecamatan yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam pengelolaan keuangan dan seluruh rangkaian kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan adalah UPK (Unit Pengelola Kegiatan).
Unit pengelola kegiatan (UPK) PNPM Mandiri Perdesaan Kecamatan Bandar Sribhawono baru dibentuk pada tanggal 21 Februari 2008 namun hingga saat ini telah membantu banyak masyarakat khsusunya yang ada di Kecamatan Bandar Sribhawono.
“Oleh karena itu kita sungguh bangga dengan adanya UPK ini yang mana telah membantu saudara-saudara kita yang ada di Bandar Sribhawono ini.
Pemerintah Kabupaten Lampung Timur menyambut baik dan mengapresiasi terhadap UPK ini, mudah-mudahan kedepan dapat semakin eksis dalam rangka mengelola anggaran yang sudah cukup besar yang mana dalam rangka membantu masyarakat kita ibu-ibu kelompok yang memiliki usaha dengan mengajukan pinjaman melalui proposal ke UPK. insyallah dengan keberadaan upk ini senantiasa dapat menambah dan membantu masyatakat yang ada di Bandar Sribhawono ini”, ujar orang nomor satu di Bumei Tuwah Bepadan tersebut.
Usai memberikan pengarahan Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari, acara dilanjutkan dengan penyerahan dana bantuan social UPK tahun 2018 serta pemberian santunan anak yatim piatu berjumlah 100 anak yang berasal dari desa-desa di Kecamatan Bandar Sribhawono.

Penulis:Fauzi

Editor :redaksi

Sumber :OPSI ID