Health

TANDA TUBUH KEKURANGAN GIZI

OPSI.ID – Makan bukan hanya bertujuan untuk mengatasi rasa lapar atau merasakan cita rasa makanan, yang terpenting dari makan adalah terpenuhinya kebutuhan gizi atau nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Makanan yang tepat adalah kunci penting untuk bisa hidup dengan sehat. Tubuh tidak hanya membutuhkan kalori untuk beraktifitas, tetapi juga nutrisi lain seperti protein, lemak, vitamin, mineral dan lain-lain.

Tidak semua orang mampu mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya. Sehingga akan menyebabkan tubuh mengalami beberapa gangguan. Berikut adalah tanda dan gejala jika tubuh kurang mendapatkan kebutuhan nutrisi.

Mudah Lelah
Merasa tidak memiliki tenaga sepanjang hari bisa menjadi tanda kurangnya asupan nutrisi tertentu dalam tubuh, seperti zat besi atau kalori. Terlalu sedikit asupan mineral dapat menyebabkan tubuh kekurangan sel darah merah atau anemia.

Kalori adalah nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk memiliki energi. Dalam satu hari tubuh membutuhkan minimal 1000 kalori untuk menjalankan fungsi dasarnya. Jika seseorang memiliki aktifitas fisik, maka membutuhkan lebih dari 1000 kalori. Namun, jika kalori yang dikonsumsi lebih dari yg dibutuhkan oleh tubuh maka akan disimpan sebagai lemak.

Pada orang yang ingin menurunkan berat badan, umumnya akan mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi. Jika seseorang mengkonsumsi kalori kurang dari 1000 kalori maka akan mengalami penurunan laju metabolisme yang menyebabkan tubuh mudah lelah.

Rambut Rontok
Mengalami rambut rontok beberapa helai setiap hari merupakan kondisi yang normal. Namun, jika jumlah rambut yang rontok meningkat maka perlu mengoreksi asupan nutrisi harian. Banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga pertumbuhan rambut tetap normal dan sehat. Kurangnya asupan kalori, protein, biotin, zat besi dan nutrisi lain adalah penyebab umum kerontokan rambut.

Kuku Bergerigi atau Seperti Sendok
Asupan nutrisi yang buruk dapat menyebabkan beberapa perubahan pada kuku. Kuku dapat menjadi tipis dan rapuh atau melengkung seperti sendok terutama pada jari telunjuk atau jari ketiga. Hal ini bisa terjadi karena kekurangan zat besi, protein, kalsium, vitamin A, B6, C atau D.

Gangguan Gigi
Tanda asupan gizi tidak seimbang adalah timbulnya masalah pada mulut. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan pendarahan, gingivitis (gangguan pada gusi karena iritasi).

Daya Tahan Tubuh Menurun
Memiliki asupan nutrisi yang buruk dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh mengalami penurunan sehingga kemampuan untuk berperang dengan virus, bakteri atau penyakit lainnya juga menurun. Beberapa nutrisi yang penting bagi sistem kekebalan tubuh adalah protein, zinc, vitamin A, C, dan E.

Mudah Timbul Memar dan Susah Sembuh
Jika tubuh mudah mengalami memar, terutama jika terjadi tanpa sebab seperti habis jatuh atau menabrak sesuatu maka kemungkinan disebabkan oleh asupan gizi yang tidak seimbang. Nutrisi yang mempengaruhi hal ini seperti protein, vitamin C atau vitamin K yang diperlukan untuk proses penyembuhan luka. Vitamin C memiliki peran membantu jaringan memperbaiki dirinya sendiri dan vitamin K berperan untuk proses pembekuan darah.

Penulis:-

Editor :Redaksi

Sumber :vivahealth.co.id