Daerah

Zaiful Bokhari Senam Bersama Para Lansia

OPSI.ID – PEKOLANGAN, Bertempat di Puskesmas Desa Gantiwarno, Kecamatan Pekalongan, Kabupaten Lampung Timur, Sabtu (28/09/2019), Bupati Lampung Timur, Zaiful Bokhari ST. MM terlihat berbaur bersama para Lansia untuk melakukan senam bersama.
Hadir pula mendampingi Bupati, Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Timur, Putri Ernawati Zaiful Bokhari, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Puji Riyanto, Camat Pekalongan, Nuryanto, Kepala Puskesmas Desa Gantiwarno, Jauhari Bayu Aji, serta Kepala Desa se-Kacamatan Pekalongan.
Seperti kita ketahui senam merupakan salah satu kegiatan fisik yang bertujuan untuk menjaga kebugaran jasmani dan kesehatan setiap individu. Mengetahui hal itu Puskesmas Desa Gantiwarno menyelenggarakan senam bersama guna menjaga kesehatan masyarakat khususnya lansia yang ada di Desa Gantiwarno.
Dalam sambutannya, selaku Kepala Puskesmas Desa Gantiwarno, Jauhari Bayu Aji menyampaikan bahwa selain sebagai orang yang di tuakan dan dihormati, para lansia juga merupakan agent perubahan untuk mewujudkan keluarga sehat.
“Kalau kita bicara soal lansia yang terbesit dalam benak kita adalah sesorang yang tidak mampu dan memiliki keluhan tentang kesehatan, oleh sebab itu kami puskesmas gantiwarno mengadakan senam lansia, jadi lansia bukan saja orang yang kita tuakan dan kita hormati tapi sebagai agent perubahan baik dilingkungan keluarga maupun sekitar untuk mewujudkan keluarga yang sehat. Semua ini dapat dengan menjalani pola hidup sehat”.
Ditempat yang sama, selaku orang nomor satu di Lampung Timur, Zaiful sangat bersemangat mengikuti kegiatan ini, hal itu dikarenakan semangat yang ditunjukkan oleh para lansia dapat menarik dirinya untuk melakukan hal yang sama.
“Walaupun usia sudah mulai lanjut namun semangat untuk sehat disini itu sungguh luar biasa sehingga memacu yang masih remaja untuk bisa mengikuti juga ibu-ibu lansia yang masih semangat ini”.
Meski demikian, dalam kesempatan tersebut, tak lupa pula Zaiful menyarankan kepada masyarakat Lampung Timur untuk selalu menjaga kesehatan masing-masing, dimulai dari menjalankan pola hidup sehat seperti banyak minum air putih.
“Saya menyarankan banyaklah minum air putih, makan buah buahan, sayuran dan olahraga teratur, insyallah jika itu dilakukan maka kita akan memiliki kesehatan yang panjang”.
Pada moment tersebut, pria yang akrab disapa Bang Ipul itu juga menjelaskan bahwa masyarakat Lampung Timur tidak perlu risau jika memiliki gangguan kesehatan, karena saat ini Pemerintah Lampung Timur telah menjalankan program pengobatan gratis di seluruh Lampung Timur serta adanya Ambulan Gratis bagi masyarakat Lampung Timur yang membutuhkan.
“Pemerintah Lampung Timur mulai dari 1 September kemarin telah meluncurkan program pengobatan gratis,  sehingga bagi masyarakat Lampung Timur yang tidak memiliki kartu BPJS dan KIS semuanya bisa berobat gratis di UPTD kesehatan Puskemas dan juga RSUD Sukadana, tinggal tunjukan KTP dan KK”.
“Selain itu ada juga ambulan gratis, jadi kalau ada masyarakat pekalongan yang butuh ambulan dan dimintai bayaran kasih tau Bang Ipul, karena kita ini memprogramkan untuk masyarakat itu gratis” ujarnya.
Sementara itu, selain pengobatan gratis dan ambulan gratis, Zaiful juga menjelaskan beberapa program lainnya yang Pemerintah Kabupaten Lampung Timur miliki seperti adanya Kartu Identitas Anak dan perbaikan infrastruktur di Kabupaten Lampung Timur.
Pada kegiatan senam bersama kali ini, digelar pula lomba senam bersama yang dibagi menjadi 2 bagian yakni bagain satu merupakan peserta senam yang berusia dibawah 45 tahun dan bagian dua merupakan peserta senam usia 45 sampai dengan 70 tahun yang mana peserta-peserta tersebut berasal dari desa Gantiwarno, Gantimulyo, Kalibening, Wonosari, dan Jojog. Selain itu dilakukan pula  donor darah dan pengobatan gratis.

Penulis:Fauzi

Editor :redaksi

Sumber :OPSI ID