Daerah

88 Dari 562 Balon Kades Se Lampung Timur Diseleksi Melalui Tes Tertulis

Sukadana opsi id -. Asisten bidang pemerintahan dan kesra Pemkab Lampung Timur Tarmizi saat membuka tes tertulis bagi calon kepala desa yang dilaksanakan digedung pusiban komplek pemkab setempat, jumat (1-11-2019), mengatakan tes tertulis bagi bakal calon Kepala Desa harus dilaksanakan karena Desa tersebut memiliki calon lebih dari lima orang.
“Ini harus kita laksanakan sesuai ketentuan Peraturan Bupati nomor 23 tahun 2019 tentang petunjuk pelaksanaan pemilihan dan pemberhentian kepala desa, jumlah balon kades untuk setiap desa sekurang-kurangnya dua orang dan paling banyak lima orang. Untuk desa yang memiliki balon kades lebih dari lima orang harus mengikuti seleksi tambahan,” kata Tarmizi.
Tarmizi menambahkan Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa bertujuan untuk menghasilkan Kepala Desa Terpilih yang berkualitas dan sesuai harapan masyarakat.
Dia melanjutkan, Pemilihan Kepala Desa sebagai momentum untuk memperkuat partisipasi masyarakat dan konsolidasi demokrasi karena masyarakat mempunyai peran penting dalam menentukan arah kebijakan Pemerintahan Desa sesuai kebutuhannya.
“Kepala Desa sebagai pimpinan penyelenggaraan Pemerintahan Desa diharapkan menjadi figur yang peka terhadap segala sesuatu yang terjadi di masyarakat untuk mewujudkan tatanan kehidupan yang adil, makmur dan sejahtera,” tambahnya.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Lampung Timur Wirham Riadi menjelaskan, Pilkades serentak rencananya akan digelar di 152 desa yang tersebar di 24 kecamatan dengan total balon mencapai 562 orang.
“Dari 152 desa itu terdapat 13 desa yang tersebar di delapan kecamatan memiliki calon lebih dari lima orang dengan total balon mencapai 88 orang. Dari 13 desa itu, balon terbanyak di Desa Negara Batin Kecamatan Jabung, yakni mencapai 10 orang,” ujarnya.
Wirham mengatakan bahwa para balon kades yang mengikuti tes tertulis dengan materi pancasila, UUD 1945, clean and good government, pembentukan peraturan desa, bahasa Indonesia, pengetahuan umum, etika pemerintahan dan adat istiadat masyarakat Lampung Timur.
“Semua berjumlah 50 soal dengan pilihan ganda, kemudian setelah dikoreksi oleh panitia maka hasil tes tersebut akan langsung di umumkan saat ini juga agar panitia pemilihan tingkat desa secepatnya dapat melakukan penetapan 5 besar bakal calon kepala desa menjadi calon kepala desa,” ujar Wirham.

Penulis:Fauzi

Editor :redaksi

Sumber :OPSI.ID