Daerah

Di TMII Festival Budaya Kabupaten Lampung Timur Provinsi Lampung Jadi Pusat Perhatian

OPSI.ID – JAKARTA, Melihat potensi sumber daya alam yang dimiliki oleh Kabupaten Lampung Timur serta keberagaman budaya yang tetap terjaga dan kekayaan kearifan lokal, menjadi inspirasi dan tekad Pemerintah Lampung Timur untuk mempromosi potensi tersebut kepada khalayak luar baik di level Nasional maupun Internasional.
Hal itu dilakukan melalui gelaran event bergengsi Festival Budaya Lampung Timur yang dilaksanakan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Sabtu (26/10/2019).
Berbagai kegiatan digelar guna memeriahkan sekaligus memperkenalkan kepada khalayak ramai akan banyaknya potensi yang dimiliki oleh Lampung Timur. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menjadi media promosi besar nya potensi daerah kepada publik di tingkat Nasional maupun Internasional.
Festival Budaya ini merupakan sebuah bentuk totalitas pengabdian serta kinerja dari Pemerintah Lampung Timur dalam rangka Memajukan Kabupaten Lampung Timur yang memiliki semboyan Bumei Tuwah Bepadan itu.
Hadir pada acara tersebut berbagai duta besar negara sahabat yang berasal dari 19 negara antara lain Serbia, Palestina, Afghanistan, Bosnia, Vietnam, Irak, Rusia, Kamboja, Belarus, Myanmar, Morocca, Venezuela, Ethiopia, Bahrain, Amerika/USA, Ekuador, China, Guinea Bissau, Korea.
Kemudian hadir pula Wakil DPR RI, Azis Syamsudin, Staf Ahli Mentri Dalam Negri RI, Didik Suprayitno, Staf Ahli Kapolri, Irjen Pol Ike Edwin, Bupati Kepulauan Seribu, Husein Murad, Direktur Utama Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Mayjen TNI (Purn) Tanribali Lamo, Gubernur Lampung yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Lampung, Edarwan, Ketua DPRD Lampung atau yang mewakili, Bupati Lampung Timur beserta Jajaran, Kapolres Lampung Timur, AKBP Taufan Dirgantoro, serta tokoh masyarakat dan tokoh adat Lampung yang berada di Jakarta.
Selaku orang nomor satu di Kabupaten Lampung Timur, Zaiful Bokhari menyampaikan bahwa berbagai kerajinan tangan serta objek wisata menghiasi stand-stand yang telah disiapkan guna memperkenalkan potensi daerah.
“Malam ini berbagai macam kami tampilkan di TMII ini diantaranya kita memperkenalkan bebnerapa produk unggulan dari Lampung Timur seperti batik, dan kerajinan-kerajinan rumahan. Namun yang paling penting dalam kesempatan ini kami mengenalkan terkait dengan objek wisata yang ada di Lampung Timur”.
Lebih lanjut Zaiful menjelaskan bahwa Lampung Timur juga terkenal akan 101 festivalnya yang mana salah satunya ialah Festival Way Kambas yakni festival yang juga masuk dalam kalender wisata nasional.
“Way Kambas sendiri sudah dikenal bahkan ke mancanegara karena banyak hewan langka disana yang tidak ada di tempat lain seperti gajah, badak, tapir, harimau dan lainnya. Selain itu kami juga memiliki wisata mangrove serta ada objek wisata yang sangat terkenal dengan peninggalan prasejarah yang ada di daerah Pugung Raharjo dan objek-objek wisata lain yang kami coba kenalkan kepada masyarakat baik lokal, nasional, bahkan internasional”.
Selain menjelaskan terkait Way Kambas serta berbagai objek wisata lain yang ada di Lampung Timur, dan berbagai program yang sedang dijalankan oleh Pemerintah Lampung Timur, dalam kesempatan tersebut tak lupa pula Zaiful mengajak serta para investor untuk melakukan investasi di Lampung Timur.
“Bapak ibu sekalian, kami mengundang bapak ibu para tamu undangan untuk bisa berkunjung ke Lampung Timur dan bisa menanamkan investasi di Lampung Timur. Terkait dengan perizinan sesuai dengan instruksi presiden kami memberikan jaminan dan kemudahan dalam rangka mengurus perizinan investasi di Lampung Timur”.
Mengakhiri sambutannya, Zaiful berharap dengan hadirnya para duta besar dari negara-negara sahabat di acara ini dapat lebih memperkenalkan Lampung Timur ke tingkat internasional.
Menanggapi digelarnya kegiatan ini, mewakili Gubernur Lampung, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Lampung, Edarwan berharap Kabupaten lain di Provinsi Lampung juga dapat mengikuti jejak Lampung Timur untuk mengadakan kegiatan di TMII.
“Acara ini adalah suatu bentuk kegiatan bagaimana memperkenalkan budaya Lampung di tingkat Nasional Setelah 5 tahun vakum dan dimulai oleh Lampung Timur. Dan kami berharap teman-teman dari kabupaten lain setiap tahun ada dari kabupaten-kabupaten yang mengisi acara khusus di TMII ini”.
Dalam kesempatan yang sama itu pula, salah satu duta besar yang hadir yakni dari Pakistan menyampaikan rasa senangnya dapat hadir dalam acara tersebut.
“Saya merasa disini seperti rumah sendiri, saya sangat senang disini dan saya berharap yang terbaik untuk Indonesia dan juga orang-orang Lampung tentunya”.
Diketahui pada pagi hari berbagai kegiatan telah digelar yakni berupa workshop, pembuatan tapis dan batik Lampung, pameran hasil krajinan khas dan unggulan Lampung Timur, serta pameran dan promosi unggulan pariwisata Lampung Timur.
Kemudian acara dilanjutkan kegiatan inti yang mana dibuka dengan Tari Kreasi Melinting sebagai tarian pembuka, penampilan Tari Bedana dan pemberian berbagai plakat yakni dari Gubernur Lampung kepada Direktur Utama TMII, dari Bupati Lampung Timur kepada Direktur Utama TMII begitu sebaliknya serta penyerahan cindramata oleh Bupati Lampung Timur kepada Duta Besar Negara Sahabat.
Dalam momen tersebut ditampilkan pula Fragmen Tari Ago Aqiqah yang mana menceritakan tentang penyambutan seorang anak yang baru saja dilahirkan kedunia dengan cara aqiqah pada umumnya namun kali ini telah dikembangkan kembali sehingga dapat dijadikan sebagi objek wisata yang ada di Lampung Timur.  (Humas)

Penulis:Fauzi/Humas

Editor :redaksi

Sumber :OPSI ID/Humas