Daerah

INILAH CARA TIM COBRA RES NARKOBA POLRES LUMAJANG MUSNAHKAN SABU SEBERAT 5 KG, DI REBUS DI DALAM AIR YANG MENDIDIH HINGGA MEMASUKAN KEDALAM KLOSET

Kapolres Lumajang Menuai Sabu sabu ke dalam panci berisi air mendidih saat memusnahkan (Foto: opsi.id/Ris)

Lumajang. Opsi.id – Bertempat di Lobby Mapolres Lumajang, Tim Cobra Sat Reskoba Polres Lumajang memusnahkan sabu seberat 5 Kg hasil pengembangan jaringan Sokobana. Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Lumajang tersebut dihadiri juga oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Lumajang.Rabu, (30/10/2019)
Proses pemusnahan kali ini,Dipimpin Langsung Oleh Kapolres Lumajang yang di dampingi oleh Kepala BNNK Kabupaten Lumajang memilih dengan cara merebus sabu tersebut dalam air mendidih sebelum dituangkan kedalam kloset kamar mandi milik Polres Lumajang.
Mulanya, sabu yang berada di dalam bungkusan tersebut dikeluarkan terlebih dahulu lalu dimasukan kedalam air yang telah mendidih. Air campuran sabu yang mendidih dibiarkan masih tetap diatas api beberapa waktu agar sabu benar-benar hancur. Setelah itu, barulah air hasil rebusan tersebut dituangkan kedalam kloset kamar mandi agar tak bisa digunakan oleh orang tak bertanggung jawab.
Proses pemusnahan barang bukti jenis sabu-sabu
Dalam pernyataan nya, Kapolres Lumajang AKBP DR Muhammad Arsal Sahban SH, SIK, MH, MM yang juga merupakan putra daerah Makassar tepatnya dari Kota Kalosi-Enrekang mengatakan metode tersebut dipilih lantaran tak memberikan resiko kepada petugas.
“Ini adalah metode yang paling aman dan dapat benar-benar menghancurkan sabu tersebut.
“kami menghindari menghancurkan sabu dengan cara di bakar, karena bisa berakibat personil yang membakar sabu tersebut akan terhisap dan positif semuanya. bahkan orang-orang yang ada disekitar yang terpapar asap dari pembakaran sabu pasti akan positif” terang pria yang menyelesaikan gelar S3 di Universitas Padjajaran Kota Bandung tahun 2010 tersebut.
Selain itu AKBP Indra Brahmana yang merupakan Kepala BNN Lumajang menerangkan bahwa sabu yang dimusnahkan oleh Polres Lumajang memiliki kualitas yang sangat tinggi. “Bisa dilihat dari indeks yang keluar dari alat yang saya bawa ini, bisa dipastikan sabu ini memiliki kualitas nomor satu sehingga memiliki harga diatas rata-rata sabu yang beredar di kalangan pengguna” ujarnya.
Perlu diingat, Tim Cobra Polres Lumajang, Jawa Timur, menyita sebanyak 5 kilogram narkotika jenis sabu-sabu dari tersangka HR (27) warga Kabupaten Lumajang yang diduga kuat merupakan jaringan narkoba Sokobana, Kabupaten Sampang, Madura.
Tersangka HR berhasil ditangkap pada

Senin, 13 Oktober 2019 Lalu, dirumahnya dan pengungkapan kasus ini berawal dari ditangkapnya Ali Wafa (26) Warga Sokobana, Kab. Sampang, Madura dan berhasil menyita barang bukti sabu seberat 77,7Gram jenis Sabu sabu, pada Akhir Desember 2019. Ujar Arsal

Penulis:Ris

Editor :redaksi

Sumber :OPSI.ID