News

Ketua Beserta Pengurus AWPI Kab.Bekasi Bertatap Muka Dengan Jajaran BPN Kab.Bekasi

KabupatenBekasi,OPSI.ID – Audiensi Pengurus DPC AWPI Kabupaten Bekasi ke Kantor Pertanahan Kabupaten Bekasi yang diterima oleh Darman S.H Simanjuntak,SH,MH Kasie Hubungan Hukum Pertanahan,Supranata,A.Ptnh,M.H sebagai Kasie Penataan Pertanahan,Riyanto.S Tosse,S,SIT,M.Si Kasie Penanganan Masalah & Pengendalian Pertanahan, Fajar Ginanjar,S.SIT Kepala sub seksi Pengukuran Pemetaan Kadastral,Medy Lelelangan,A.Ptnh Kasie Pengadaan Tanah, Susanti Sanapiah Kaur Umum dan Kepegawaian di ruang rapat, Kantor Pertanahan Kabupaten Bekasi, komplek Lippo Cikarang Jalan.Daha Blok B4.Selasa( 14/Juli/2020 ).

Marjuki SIP, M,M sebagai Ketua AWPI kabupaten Bekasi sebelumnya mengucapakan terima kasih kepada Kantor Pertanahan Kabupaten Bekasi sudah menerima Pengurus AWPI dengan baik dalam kegiatan silahturahmi sekaligus mengadakan audiensi ini.

Mengenai legalitas DPC AWPI Kabupaten Bekasi, dirinya menginformasikan bahwa setelah struktur pengurus DPC AWPI menerima SK 06 Maret 2020 dari DPP AWPI langkah awal pengurus langsung mendaftar legalitas ke Kesbangpol, ucapnya.

“Selain itu dirinya juga mengungkapkan pesan dari ketua umum DPP AWPI kepada semua pengurus agar dapat menjalin sinergitas kepada stakeholder yang ada bertujuan turut serta dalam pembangunan kabupaten Bekasi.Akan tetapi tidak lepas juga mengenai kontrol sosial karena Pers sebagai pilar ke- 4 dalam demokrasi dengan cara mempublikasikan dalam menyikapi kebijakan-kebijakan pemerintah untuk disampaikan dan diketahui ke masyarakat itu salah satu bentuk profesionalisme dari insan pers”, tandas, Marjuki S,IP, MM.

Dengan ucapan yang sama Pembina DPC AWPI Kabupaten Bekasi, Afrizal S.H juga mengutarakan rasa terima kasih kepada Kantor Pertanahan Kabupaten Bekasi sudah menerima pengurus DPC AWPI yang berusaha membangun sinergitas bertujuan turut serta dalam pembangunan kabupaten Bekasi, berharap kedepan pasca audensi ini dapat dilakukan berkelanjutan dalam segala hal yang pastinya untuk berbuat kebaikan untuk masyarakat kabupaten Bekasi, tuturnya.

Dalam Audensi tersebut Darman Simanjuntak,SH.MH sebagai Kepala seksi hubungan hukum pertanahan menjelaskan pengertian tentang Hak Pengelolaan Lahan ( HPL ) bukan atas tanah tetapi sebagian atau seluruhnya diberikan kepada instansi pemerintah, seperti Pemerintah pusat, BUMN, BUMD dengan kekuasaan untuk kewenangannya hak itu BPN telah mengalihkan wewenangnya ke instansi tersebut, Paparnya.

” Berdasarkan penerbitan peraturan Menteri Agraria memberikan kewenangan kepada pemerintah pusat, Pemda, BUMN, BUMD selanjutnya untuk dikelola pihak ke tiga untuk dimanfaatkan, dengan memberikan perjajian terlebih dahulu dengan masa 20 tahun hak pengelolaan dari Pemda kepada pihak ke tiga”, terang, Darman Simanjuntak.

Medi Lelelangan,A.Ptnh selaku Kepala seksi pengadaan tanah menambahkan, didalam UUPA tentang HPL bukan merupakan hak atas tanah sebagaimana ditentukan di pasal 2 ayat 2 UUPA yang kewenangan sebagian negara dalam memberikan kewenangan otonom pemerintah pusat, pemda, dan BUMN, BUMD, contoh seperti di terminal, perumnas,dll. di pasal 16 UUPA mengenai HM, HGU, HGB dan Hak Pakai, tidak diatur di HPL, yang terpenting HPL ini bukan penguasaan lahan karena HPL ada surat yang dikeluarkan oleh Menteri Agraria, tegasnya.

Darman juga memberikan informasi mengenai tentang Revolusi industri 4.0 karena BPN mengenai investasi salah satu garda terdepan dengan melakukan perubahan dalam pelayanan masyarakat dengan cara mengembangkan validasi data oleh BPN pusat dengan memerintahkan seluruh sertifikat yang sudah diterbitkan dari tahun 60an hingga saat ini yang ada akan di verifikasi ulang dan divalidasi, dengan sistem digital pastinya akan berakibat banyak ketika sistem yang sebelumnya tanah tanpa penghuni di ukur nya tidak maksimal, yang bertujuan memastikan kepemilikan tanah tersebut dengan akurat.

” Selain itu Era digital on line mengenai hak tanggungan untuk ke Bank, nantinya tidak ada lagi datang ke BPN terkait perbankan atau kreditur menuju era revolusi industri 4.0, ucap, Darman.

Total Page Visits: 110 - Today Page Visits: 1

Penulis:Tim

Editor :Redaksi

Sumber :OPSI.ID