Peristiwa

Merapi Erupsi, BPPTKG Sebut Status Waspada Level II

Erupsi Gunung Merapi

Jogja. Opsi.id

BalaiPenyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi ( BPPTKG) dari keterangan menetapkan status Waspada Level II.

di Akun twitter resmi BPPTKG, Minggu (21/6) menyebutkan, untuk sementara tidak merekomendasikan kegiatan pendakian, kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian yang berkaitan dengan mitigasi bencana.

BPPTKG juga memberi hauan agar warga tidak melakukan kegiatan dalam radius tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi.

Erupsi Gunung Merapi pada Minggu (21/6/2020), mengakibatkan hujan abu di sebagian wilayah Kabupaten Magelang, dan sampai pukul 11.30 sebaran hujan abu semakin meluas di puluhan desa yang tersebar di berbagai kecamatan.

“Sebaran abu telah mencapai di 39 desa di 8 kecamatan. Sebarannya pun bervariasi ada yang tipis namun ada juga yang deras,” kata Tanto Lurah Dukun, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Minggu (21/6/2020).

Sebelumnya Gunung Merapi yang berada di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah mengalami erupsi sebanyak dua kali pada Minggu pagi.

BPPTKG menyebutkan letusan Gunung Merapi pertama terjadi pada pukul 09.13 WIB dan selang 14 menit Erupsi. Erupsi tercatat di seismogram dengan amplitudo 75 mm dan durasi 328 detik. “Teramati tinggi kolom erupsi ± 6.000 meter dari puncak. Arah angin saat erupsi ke barat,” kata BPPTKG melalui Twettnya

Total Page Visits: 654 - Today Page Visits: 1

Penulis:Jho

Editor :Redaksi

Sumber :@BPPTKG