Kabar Lapangan

Pelatih Persib : Suporter Indonesia Harus Tiru Pendukung Tim Luar

Skuat Persib Latihan di Stadion Arcamanik, Kota Bandung

OPSI.ID, Bandung – Pelatih Persib Bandung, Roberto Carlos Mario Gomez meyambut baik komitmen damai yang dilakukan oleh para pendukung tim Persib Bandung dan Persija Jakarta.

Kedua suporter tim besar di Indonesia tersebut terkenal dengan perseteruannya bahkan hingga memakan korban. Terakhir Haringga Sirla meninggal akibat dikeroyok.

Meski rivalitas di atas lapangan sangat panas antara tim yang bertanding, namun hal tersebut tidak melebar hingga ke luar dari area permainan dan tetap menjunjung tinggi sportivitas.

Gomez memberikan contoh duel El Clasico antara Barcelona dan Real Madrid dikenal syarat penuh gengsi dan cenderung berjalan keras.

Mereka beranggapan bahwa sepakbola bukan sesuatu yang mengerikan. Sehingga, keberadaan suporter adalah untuk mendukung tim kesayangan masing-bukan, bukan berseteru dengan suporter tim lain.

“Saya kira yang terpenting setiap saat (suporter) harus mengambil contoh, banyak contoh di dunia timnya memiliki rivalitas tapi suporternya damai.”

“Banyak derby (pertandingan panas yang melibatkan dua tim di negara lain) dengan separuh satu kubu dan separuh kubu lainnya. Tapi mereka berpesta, bukan berperang. Sebagai contoh di Spanyol ada Barcelona melawan Real Madrid, semua berjalan lancar di stadion,” ujar Gomez di Bandung, Sabtu 29 September 2018.

Total Page Visits: 58 - Today Page Visits: 2

Menurutnya saat ini tidak hanya Persib dan Persija namun seluruh tim dan pendukungnya mulai bangkit serta menciptakan rivalitas positif tanpa kekerasan demi kemajuan sepakbola tanah air.

“Kami harus belajar dari situasi ini. Terkadang kami belajar dari hal menyakitkan, tapi ini penting. Kenapa tidak nanti ada bobotoh yang pergi ke Arema atau Persija, atau sebaliknya,” katanya.

Penulis:iqbal kukuh

Editor :Iqbal Kukuh

Sumber :OPSI.ID