Viral

Polsek Sukorejo Berikan Materi Tata Cara Penggunaan APD Ke Anggota

Kapolsek nampak mengenalkan tata cara pemakaian baju APD kepada anggota

Pasuruan. Opsi.id

Untuk mengantisipasi Penyebaran Virus Corona (COVID-19) di Wilayah Hukum Polsek Sukorejo, Polres Pasuruan Kepolisian setempat melakukan pelatihan pemakaian APD (Alat Pelindung diri) dalam menangani penyebaran Virus Corona terhadap anggotanya.

Tampak dalam peragaan ini Kapolsek Sukorejo AKP. Achmad Sukiyanto langsung memimpin giat ini yang berlangsung di Halaman Apel Mapolsek Sukorejo, Sabtu (16/5)

APD  ini merupakan pembagian dari Kapolres Pasuruan AKBP. Rofiq Ripto Himawan kepada seluruh anggota Bhabinkamtibmas  Polres Pasuruan.  selain itu setiap mobil patroli polisi juga dilengkapi APD termasuk juga disetiap penjagaan polsek. Cetus Kapolsek

Adapun Perlengkapan APD yang di perkenalkan Kapolsek ke setiap Personil antara lain, Baju Helm/pelindung Kepala, Masker,  Sarung tangan, Kacamata dan Sepatu boot.

Suki Sapaan Akrabnya mengatakan bahwa kegiatan tersebut dimulai dari materi dan tata cara pemakaian dan pelepasan APD yang dibacakan oleh protokol,

Adapun materinya sebelum menggunakan APD, diawali dengan melakukan penyemprotan kepada petugas terlebih dahulu dan penggunaan handsenitizer. Ujarnya

Kemudian dilanjutkan dengan pengunaan sarung tangan berlapis, pemakaian masker seterusnya penggunaan APD yang di mulai dari kedua kaki sampai ke penutup kepala, dimana penggunaan APD di usahakan agar kaki dalam posisi duduk. Setelah itu gunakan sepatu boot, kemudian pemakaian kacamata dan helm.

Sedangkan saat pelepasan APD nya, diusahakan jauh dari objek pelaksanaan kegiatan dengan melakukan buka helm, buka Kacamata, baju APD yang dimulai dari penutup kepala lalu buka kancing baju, lalu lepaskan perlahan baju dari sisi kanan dengan cara menarik bagian dalam baju sampai lengan terlepas, kemudian sisi kiri dengan cara yang sama, Buka kedua sepatu, setelah itu dilanjut pelepasan APD secara perlahan mulai dari pinggang hingga kaki, sampai APD terlepas. Tuturnya

Setelah baju APD dilepas, kemudian sarung tangan dibuka lapisan luar dengan cara menggulung bagian dalam sarung tangan hingga terlepas, kemudian buka masker dan Buka sarung tangan lapisan pertama dengan menggulung bagian dalam sarung tangan hingga terlepas (hindari terkena bagian luar sarung tangan).

Setelah selesai buang semua APD yang telah digunakan dan Lakukan Penyemprotan disinfektan dilanjutkan membersihkan diri dan rendam pakaian yang kita gunakan (dengan air kaporit).

“Hindari kontak fisik dengan orang lain maupun keluarga sebelum benar benar steril,” terang AKP. Achmad Sukiyanto ketika memaparkan cara menggunakan APD ini.

Total Page Visits: 344 - Today Page Visits: 4

Penulis:Ismail

Editor :Redaksi

Sumber :Opsi.id