News Jum'at, 26 Agustus 2022 | 09:08

Liga 1 Keras, Baru 5 Pekan Sudah Beberapa Pelatih Dipecat dan Mengundurkan Diri

Lihat Foto  Liga 1 Keras, Baru 5 Pekan Sudah Beberapa Pelatih Dipecat dan Mengundurkan Diri Jacksen F Tiago mantan pelatih Persis Solo. (Foto: Opsi/Int)
Editor: Rio Anthony

Jakarta - Liga 1 musim 2022/2023 sangat keras. Baru masuk pekan kelima sudah beberapa pelatih dipecat dan mengundurkan diri. Terbaru, pelatih Barito Putera memecat Dejan Antonic.

Pelatih yang pernah menangani beberapa tim di Liga 1 itu secara resmi diberhentikan managemen Barito Putera.

Sebelum Dejan, ada beberapa pelatih lain yang dipecat dan mengundurkan diri akibat kuatnya tekanan dari managemen dan suporter.

Berikut daftar pelatih yang diberhentikan dan mengundurkan diri dari liga 1 2022/2023;

1. Robert Rene AlbertsMantan pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts

Pelatih Persib Bandung itu adalah pelatih pertama yang menyatakan mundur.
Juru taktik asal Belanda itu mundur dari Persib Bandung pada 10 Agustus 2022 lalu.
Bersama Robert, Persib hanya meraih satu poin dari tiga laga. Bobotoh pun menggelar aksi demonstrasi atas hasil buruk yang diraih Persib.

Derasnya tekanan Bobotoh, akhirnya Robert menyatakan mundur dan digantikan Budiman Yunus sebagai caretaker. Persib kemudian mengontrak Luis Milla menggantikan posisi Robert.

2. Javier RocaMantan pelatih Persik Kediri, Javier Roca

Persik Kediri mengumumkan mengakhiri kebersamaan mereka dengan Javier Roca.
Hasil evaluasi dari empat pertandingan awal membuat Persik menyudahi kebersamaan dengan salah satu mantan legiun asing terbaik di Liga Indonesia.

Selama menukangi Persik, di Liga 1 2022/2023, dari empat laga Persik hanya meraih satu poin dan hanya mencetak dua gol dan kemasukan enam gol.

3. Jacksen F Tiago

Mantan pelatih Persis Solo Jacksen F Tiago

Berikutnya adalah Jacksen F Tiago, pelatih yang pernah membawa Persipura Jayapura juara berkali-kali itu menyatakan mundur atas hasil buruk yang diraih timnya.

Namun pada 19 Agustus 2022, setelah mengantar Persis menang untuk kali pertama di Liga 1, pelatih asal Brasil itu resmi menyatakan mundur.

Padahal sebelumnya Persis selalu gagal dan tidak pernah menang. Dari segi materi pemain, mereka merupakan salah satu klub dengan didominasi pemain bintang.

Namun desakan agar Persis berpisah dengan Jacksen sudah dilancarkan suporter usai Laskar Sambernyawa menelan sederet kekalahan pada awal Liga 1.

4. Sergio Alexandre

Mantan pelatih PSIS Semarang Sergio Alexandre

PSIS ikut-ikutan tren mengakhiri kebersamaan dengan pelatih yang ditunjuk pada masa pramusim ketika CEO Yoyok Sukawi menyatakan pemberhentian Sergio Alexandre.

PSIS menyatakan hasil yang diraih Alexandre tidak sesuai ekspektasi dalam enam laga awal musim ini. PSIS untuk sementara ada di peringkat ke-12 klasemen Liga 1.

Selain itu manajemen kesebelasan Laskar Mahesa Jenar juga menyatakan gaya permainan PSIS dibawah Alexandre tidak seperti yang diharapkan.

5. Dejan Antonic

Mantan pelatih Barito Putera Dejan Antonic

Keberadaan Barito Putera di zona degradasi membuat manajemen melakukan evaluasi awal musim yang berbuntut kesepakatan tidak melanjutkan kerja sama dengan Dejan.

Barito sempat menjadi headline pada pekan pertama Liga 1 karena kalah 0-8 dari Madura United.

Setelah itu Barito sempat menuai kemenangan atas Borneo, namun tak bisa lagi berkutik ketika berhadapan dengan PSIS, PSS, dan Bali United. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya