Hiburan Kamis, 26 September 2024 | 16:09

10 Tahun Bermusik, Satrio Rachmadi Lepas Album Perasa

Lihat Foto 10 Tahun Bermusik, Satrio Rachmadi Lepas Album Perasa Penyanyi solo, Satrio Rachmadi. (Foto: Istimewa)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Penyanyi solo yang telah berkarier selama 10 tahun di industri musik, Satrio Rachmadi resmi melepas album penuh bertajuk Perasa. Berisi total 9 trek, karya ini dilepas lewat kerja sama dengan label rekaman demajors.

Lewat keterangan tertulisnya, Satrio Rachmadi mengatakan bahwa kata "Perasa" dipilihnya sebagai judul yang konkret untuk mewakili energi dari kesembilan lagu yang ada di albumnya.

"Sederet pengalaman hidup dan kepekaan menyirat makna, mengantarkan pada kohesi diri. Perasa merupakan pancarona emosi yang terkandung pada setiap insan. Hal inilah yang menjadi benang merah saya meramu lirik, notasi, dan suasana," kata Satrio Rachmadi, dikutip Opsi pada Kamis, 26 September 2024.

Sembilan lagu yang tersusun di album ini adalah Tanya, Asing, Beranda, Eling, Langkah, Pesona, Akhir Pekan, Wedjangan, dan Bandara. Tembang Tanya, dipilih sebagai fokus trek di album Perasa ini.

Lagu ini bercerita tentang sebuah pencarian diri yang dihantui oleh goresan masa lalu yang tidak sepenuhnya reda. Musik pada lagu ini bernuansa bossa nova/latin yang dibalut dengan penggunaan semantik pada penulisan lirik.

Secara umum bukan lirik puitis nan sastrawi yang disuguhkan Satrio dalam lagu-lagunya, melainkan pendekatan polisemi dalam bercerita untuk mengaitkan relevansi ke pendengar.

Penyanyi solo, Satrio Rachmadi. (Foto: Istimewa)

Pada ranah musik, Satrio lebih memilih penyebutan genre pop rasa-rasa di albumnya. Terdapat etnik folk, bosa nova, latin dan post rock yang mendampingi esensi pop pada album pertama Satrio.

Pengerjaan album ini memakan waktu lima belas bulan yang dimulainya sejak debut single pertamanya pada 21 April 2023 lalu dengan menggaet produser alm Yutsi Surya dan dilanjutkan oleh produser barunya Ican Pane.

Komposisi lagu yang terbilang dinamis diisi lirik yang minimalis sarat makna menjadi keunikan tersendiri pada album ini. Keseluruhan kisah yang terkandung pada lirik lagunya merupakan pengalaman personal penulis lagu.

Baca juga: The Fly dan Franki Indrasmoro Kolaborasi di Single Candu Duniawi

Baca juga: Solois Asal Depok, Helma Namira Curhat Soal HTS di Single I Wanna

Saat ini, sembilan trek dalam album Perasa milik Satrio Rachmadi sudah bisa didengarkan di berbagai platform pemutar musik digital. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya