Daerah Selasa, 13 September 2022 | 12:09

10 Tahun Dinanti, Ruas Jalan Panji Dabutar-Lae Gerat di Dairi Dihotmix

Lihat Foto 10 Tahun Dinanti, Ruas Jalan Panji Dabutar-Lae Gerat di Dairi Dihotmix Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Hotmaida Butarbutar. (Foto: Pemkab Dairi)
Editor: Tigor Munte

Sitinjo -  Ruas jalan yang menghubungkan Kelurahan Panji Dabutar menuju Lae Gerat, Kecamatan Sitinjo, tengah proses pengerjaan dengan aspal hotmix.

Ruas jalan sepanjang 1,7 Kilometer dengan biaya Rp 4,3 miliar bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2022.

Masyarakat Dairi sudah 10 tahun lamanya menantikan perbaikan ruas jalan vital ini, karena digunakan untuk mengangkut ke luar hasil pertanian mereka.

Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu meninjau proses peningkatan jalan tersebut pada Senin, 12 September 2022.

Dia ditemani Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Hotmaida Butarbutar, Kepala Bappeda Charles Bancin, dan Camat Sitinjo Simon Toni Malau.

Bupati Eddy mengatakan jalan ini sudah ditunggu masyarakat selama 10 tahun. Pengerjaan sudah dimulai sejak Juli 2022 dan diharapkan selesai pada Desember 2022.

Kata dia, jalan ini sangat vital karena digunakan untuk mengangkut hasil-hasil produksi pertanian. 

Selain itu juga digunakan oleh para pedagang antar wilayah seperti menuju ke Medan yang juga melewati jalan ini. 

Baca juga:

Pasca Kenaikan Harga BBM, Bupati Eddy Berutu Lakukan Dialog Publik Bersama Mahasiswa

“Saya juga senang mendengar dari masyarakat bahwa perbaikan jalan ini sudah ditunggu cukup lama,” kata dia.

Selain pembangunan jalan bisa selesai tepat waktu, Bupati Eddy berharap jalan tersebut bisa berumur panjang dan nyaman untuk digunakan masyarakat. 

Secara rutin tim di lapangan melakukan pemeriksaan kualitas pekerjaan kontraktor sehingga dari waktu ke waktu bisa dijaga kualitas jalan. 

Jika hal tersebut tidak dilakukan, maka akan merugikan banyak pihak karena hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan yang diharapkan.

“Atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Dairi, saya ucapkan terima kasih kepada kementerian yang telah mempercayakan anggaran yang cukup besar untuk mendukung pembangunan infrastruktur di Dairi,” kata Eddy.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Hotmaida Butar-butar mengatakan bahwa pihaknya bersama dengan konsultan bekerja sama bagaimana pembangunan jalan ini terlaksana sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan.

Dijelaskan bahwa saat melakukan pemeriksaan, ditemukan proses pengerjaan yang belum maksimal sehingga akhir bulan September atau awal bulan Oktober 2022 pengerjaan hotmix jalan sepanjang 1,7 km sudah bisa dilakukan.

“Kami tentu berharap pekerjaan bisa tepat waktu dan jalan ini bisa dipergunakan masyarakat,” ujarnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya