Daerah Senin, 01 Mei 2023 | 18:05

12 Bilik Santri Pesantren Bustanul Huda Terbakar, Pj Bupati Abdya Serah Bantuan

Lihat Foto 12 Bilik Santri Pesantren Bustanul Huda Terbakar, Pj Bupati Abdya Serah Bantuan Penyerahan bantuan kebakaran pesantren Bustanul Huda oleh Pj bupati. (Foto: Opsi/Syamsurizal).
Editor: Rio Anthony Reporter: , Syamsurizal

Blangpidie - Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Darmansah bersama rombongan menyerahkan bantuan untuk santri dan guru pesantren Bustanul Huda yang terbakar, pada Senin, 1 Mei 2023 sekira pukul 00.15 WIB.

Bantuan ini berupa mie instant, air mineral, kecap, saos tomat, gula pasir, roti, kain sarung, minyak makan, mukena dan ikan kaleng.

Sementara dari Badan Penanggulangan Bencana (BPBK) juga telah menyerahkan bantuan berupa beras, air mineral, minyak makan dan perlengkapan lainnya.

Tiba di pesantren, rombongan Pj bupati Darmansah yakni Kabag Prokopim, Indra, mewakili Dinas Sosial dan BPBK disambut langsung oleh pimpinan pesantren Tgk.H.Muhammad Qudusi Syam Marfali bersama para guru, santri serta keuchik desa setempat Rinaldi.

Bantuan ini diserahkan oleh Pj bupati kepada salah satu dewan guru disaksikan oleh rombongan, pimpinan pesantren, keuchik dan santri.

"Ini bantuan mohon diterima, semoga bermanfaat," kata Pj bupati Darmansah.

Selanjutnya Pj bupati menyemangati keluarga besar Pesantren Bustanul Huda yang tertimpa musibah dengan mengatakan setiap musibah pasti ada hikmahnya, maka tetap semangat.

"Tetap semangat dan lebih hati-hati, insyaallah diganti oleh Allah dengan bangunan yang lebih bagus nantinya," sebutnya.

Sebelumnya diberitakan, kebakaran hebat terjadi di pondok pesantren Bustanul Huda, tepatnya di Desa Keude Siblah, Kecamatan Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Senin, 1 Mei 2023 sekira pukul 00.15 WIB.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya, Armayadi membenarkan kebakaran itu. Katanya, kebakaran pondok pesantren pimpinan Tgk.H.Muhammad Qudusi Syam Marfali itu menyebabkan 12 bilik santri terbakar.

"Dampaknya, 12 bilik santri terkabar. Bilik-bilik ini berkontruksi kayu," kata Armayadi.

Armayadi menjelaskan, kobaran api berhasil dipadamkan dan dilakukan pendinginan sampai pukul 01.45 WIB dengan melibatkan personil damkar pos induk Blangpidie, pos Damkar Kuala Batee, pos damkar Manggeng, TRC, Polri, TNI dan masyarakat setempat.

"Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Penyebab kebakaran sampai saat ini belum di ketahui," katanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya