News Senin, 29 Agustus 2022 | 14:08

14 Calon Anggota Komnas HAM, Komisi III Belum Agendakan Fit and Proper Test

Lihat Foto 14 Calon Anggota Komnas HAM, Komisi III Belum Agendakan Fit and Proper Test Komnas HAM. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Sebanyak 14 calon anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia atau Komnas HAM telah ditetapkan dan diumumkan panitia seleksi pada 23 Agustus 2022 lalu.

Berikutnya ke-14 kandidat ini akan mengikuti tahapan uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR RI. 

Pansel yang diketuai Prof Dr Makarim Wibisono dalam keterangan persnya pada 23 Agustus lalu menyebut, pihaknya sudah menetapkan 14 nama calon Anggota Komnas HAM RI periode 2022-2027.

Disebutkan, ke-14 calon tersebut sebelumnya sudah mengikuti lima tahapan seleksi, yakni administrasi, tes tertulis objektif dan penulisan makalah, dialog publik, psikotes, wawancara dan tes kesehatan. 

"Tim Pansel yang bekerja sejak Januari 2022 menetapkan 14 nama calon anggota untuk diajukan dalam uji kelayakan di DPR RI," jelasnya, dikutip Opsi, Senin, 29 Agustus 2022.

Diterangkan, selama periode pendaftaran tercatat pendaftar atau individu yang membuat akun di aplikasi pendaftaran sebanyak 1.536 orang.

Di antara jumlah tersebut, terdapat 112 orang yang melengkapi berkas persyaratan. Dari sisi gender, terdapat 21 pendaftar perempuan dan 91 laki-laki atau sekitar 19 persen kaum perempuan berminat menjadi calon anggota Komnas HAM RI 2022-2027. 

Dari jumlah pelamar tersebut terseleksi menjadi 96 orang yang lolos administrasi. Latar belakang pendaftar terdiri dari berbagai bidang, di antaranya petahana Anggota Komnas HAM RI, advokat, aktivis, akademisi, jurnalis, ASN, dan wiraswasta. 

Dalam tahapan akhir yang berlangsung pada 8-9 Agustus 2022, sebanyak 27 calon menjalani pemeriksaan fisik di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta. 

Sedangkan tahapan wawancara yang dilaksanakan terbuka untuk publik diselenggarakan pada 8-11 Agustus 2022 di Perpustakaan Nasional RI, Jakarta. 

Baca juga:

Ini 27 Calon Anggota Komnas HAM 2022-2027 Lolos Seleksi Dialog Publik

Tahapan wawancara dilakukan tatap muka langsung antara para calon dengan Panitia Seleksi Calon Anggota Komnas HAM RI, yaitu Prof Dr Makarim Wibisono, Kamala Chandrakirana, Prof Dr Harkristuti Harkrisnowo, Prof Dr Azyumardi Azra, dan Dr Ichsan Malik. 

Selain kapasitas dan klarifikasi jejak rekam individu, para peserta menyampaikan motivasi, gagasan, dan strategi terkait perkembangan institusi Komnas HAM di tingkat nasional dan global. 

Adapun ke-14 calon tersebut, yakni: 

1. Abdul Haris Semendawai
2. Amiruddin Al Rahab
3. Anis Hidayah
4. Anton Pradjasto Hardojo
5. Atnike Nova Sigiro
6. Beka Ulung Hapsara
7. Chrisbiantoro
8. Hari Kurniawan
9. Prabianto Mukti Wibowo
10.Pramono Ubaid Thantowi
11.Putu Elvina
12.Rita Selena Kalibonso
13.Saurlin P. Siagian
14.Uli Parulian Sihombing.

Untuk proses fit and proper test di Komisi III DPR RI, sejauh ini belum diagendakan.

Seperti diakui dua anggota Komisi III, Arteria Dahlan dari Fraksi PDIP dan Hinca IP Pandjaitan XIII dari Fraksi Partai Demokrat 

Hinca menyebut, Komisi III DPR RI masih menunggu surat presiden terkait ke-14 nama dimaksud sebelum kemudian dilakukan uji kepatutan dan kelayakan.

"Masih menunggu surat presiden," kata Hinca, dihubungi Senin, 29 Agustus 2022 siang.

Hal sama disampaikan oleh Arteria. "Belum, Mas," jawabnya singkat.[]

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya