News Sabtu, 04 Maret 2023 | 17:03

17 Korban Meninggal dan 1.085 Jiwa Mengungsi Akibat Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Lihat Foto 17 Korban Meninggal dan 1.085 Jiwa Mengungsi Akibat Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Lokasi kebakaran depo Pertamina Plumpang yang sudah dipadamkan. (Foto: Twitter)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, mengakibatkan sebanyak 1.085 orang terpaksa mengungsi dari kediaman mereka.

Warga sebanyak itu mengungsi di sejumlah titik hingga Sabtu, 4 Maret 2023 pukul 12.20 WIB.

Jumlah itu sendiri dilaporkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta.

Mereka disebut mengungsi di RPTRA Rasela 356 warga, gedung Golkar Walang 258, kantor PMI Jakarta Utara 132, kantor Lurah Rawa Badak Selatan 79.

Kemudian di kantor Subdinakertrans dan Energi Jakarta Utara 74, masjid Al-Kuromah 63, masjid As Sholihin 63, dan masjid Al-Muhajirin 60. 

Terhadap pengungsi diberikan layanan berupa bantuan pangan dan non-pangan. Bantuan pangan antara lain air mineral dan makanan siap saji.

BACA JUGA: Korban Kebakaran Pertamina Plumpang, Heru: Ada Anak Usia 3-4 Tahun Kondisinya Mengkhawatirkan

Sedangkan bantuan non-pangan berupa matras, selimut, paket balita, paket keluarga, sarung, mukena, terpal, paket sandang, kidswear dan family kits.

BPBD mencatat kebutuhan mendesak untuk para penyintas antara lain matras, tenda keluarga, selimut, tikar, makanan siap saji, obat-obatan dan air bersih.

Korban Meninggal

BPBD melaporkan korban meninggal dunia 17 jiwa. Lantas, luka berat 49 dan luka sedang 2 orang. 

BACA JUGA: Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, 14 Korban Jiwa Dievakuasi

Mereka yang mengalami luka mendapatkan perawatan medis di Rumah Sakit (RS) Pelabuhan, RS Mulyasari, RS Firdaus, RS Pekerja, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tugu Koja, dan RSUD Koja.

Dilaporkan juga, petugas masih mencari 18 orang korban di lokasi. Sebelumnya sebanyak 24 warga dinyatakan hilang, namun kemudian 6 orang sudah ditemukan dengan keluarganya.

Kebakaran terjadi pada Jumat, 3 Maret 2023 malam, pukul 20.11 WIB.

Dilaporkan, api sudah berhasil dipadamkan oleh petugas gabungan, diantaranya dari Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Satpol PP, TNI, Polri, Tagana, Basarnas, BPBD, Palang Merah Indonesia, Baznas, BSG, Perusahan Listrik Negara dan relawan.      

Pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan penyebab kebakaran Depo Pertamina Plumpang yang berada di wilayah Kecamatan Koja, Jakarta Utara. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya