Daerah Kamis, 28 Juli 2022 | 15:07

200 Ternak di Aceh Dilaporkan Sembuh dari Penyakit Mulut dan Kuku

Lihat Foto 200 Ternak di Aceh Dilaporkan Sembuh dari Penyakit Mulut dan Kuku Ilustrasi ternak. (Foto: Ist)
Editor: Fernandho Pasaribu Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Satgas Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang tergabung dalam Operasi Aman Nusa II Aceh mencatat perkembangan terkini terkait penanganan Kasus PMK di Provinsi Aceh.

Catatan Satgas pada Rabu, 27 Juli 2022, 200 ekor hewan ternak yang sebelumnya terinfeksi PMK dinyatakan sembuh. Dengan begitu, sampai saat ini sudah 33.938 ekor ternak warga yang sembuh.

"Alhamdulillah upaya penanganan menunjukkan hasil positif," kata Kasatgas Banops Aman Nusa II Kombes Winardy, Kamis, 28 Juli 2022.

Kata dia, saat ini pihaknya sedang membuat posko penanganan PMK di seluruh kabupaten/kota serta melakukan penyekatan mobilisasi angkutan hewan ternak di perbatasan antara Aceh dengan Sumatra Utara (Sumut).

Lanjutnya, Polda Aceh juga bekerja sama dengan Komunitas Eco Enzyme untuk membagikan eco enzyme kepada peternak di seluruh jajaran secara gratis dan mengimbau agar peternak selalu membersihkan kandang dan kotoran ternak dengan cairan anti virus.

"Kami sudah mendistribusikan eco enzyme ke seluruh jajaran, yang selanjutnya dibagikan ke peternak. Ini adalah upaya kita dalam memutus penyebaran PMK," ucapnya.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya