Daerah Kamis, 09 Juni 2022 | 10:06

23 Jemaah Calon Haji Aceh Barat Daya Siap Berangkat 17 Juni 2022 Mendatang

Lihat Foto 23 Jemaah Calon Haji Aceh Barat Daya Siap Berangkat 17 Juni 2022 Mendatang Ilustrasi jemaah haji. (Foto: ilustrasi jemaah haji)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Sebanyak 23 Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) akan diberangkatkan ke tanah suci pada 17 Juni 2022 ini.

"JCH yang mendaftar ada 61 orang. 23 bernagkat dan 38 ditunda keberangkatannya," kata Plt Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Abdya, Khairul Huda melalui Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Agus Suriadi, Kamis, 9 Juni 2022.

Lantas, kenapa 38 CJH ini tidak diberangkatkan, tentang hal ini Agus Suriadi menjelaskan bahwa, 38 orang yang tidak berangkat ini disebabkan faktor usia dan sudah meninggal dunia.

"Iya benar, dari 61 orang JCH, 35 orang tidak bisa berang karena faktor usia, tiga orang di antaranya sudah meninggal dunia,” kata Agus.

Dia menambahkan, pihaknya mengambil langkah itu bukan atas dasar aturan yang dibuat-buat, melainkan penundaan itu dilakukan atas aturan dari Arab Saudi.

"Jadi ini bukan aturan dari pemerintah daerah atau Kementerian Agama, memang sudah aturan dari Arab Saudi, dimana bagi jemaah yang sudah lewat usia 65 tahun tidak bisa diberangkatkan," ucapnya.

Agus menambahkan, 61 jemaah haji ini merupakan jemaah calon haji 2020 lalu, atau mereka yang gagal berangkat akibat pandemi Covid-19 sehingga harus ditunda saat itu.

Nah di tahun ini usia mereka sudah tidak memenuhi syarat lagi dan ada yang tutup usia.

"Maka dari itu, yang bisa berangkat pada tahun ini hanya 23 orang jemaah," katanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya