News Selasa, 19 Juli 2022 | 14:07

5 Fokus Penguatan Kerja Sama RI-Timor Leste yang Disepakati Presiden Jokowi

Lihat Foto 5 Fokus Penguatan Kerja Sama RI-Timor Leste yang Disepakati Presiden Jokowi Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa, 19 Juli 2022. (foto: Opsi/YouTube Sekretariat Presiden).

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa, 19 Juli 2022. Terdapat lima fokusĀ penguatan kerja sama ekonomi yang menjadi tema pembahasan kedua pemimpin negara tersebut.

Pertama, kata Presiden Jokowi, dua negara sepakat untuk terus meningkatkan perdagangan dengan melihat tren perkembangan hubungan perdagangan yang terus positif.

"Saya yakin perdagangan dua negara bisa terus ditingkatkan," kata Jokowi dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 19 Juli 2022.

Kedua, lanjut presiden, kedua negara juga sepakat untuk memperkuat konektivitas baik darat maupun laut.

"Untuk jalur darat saya harapkan peluncuran trayek bus rute Kupang-Dili dapat segera dilakukan. Dan untuk konektivitas laut saya menilai pentingnya untuk membuka rute Kapal Kupang-Dili-Darwin," ucap mantan Wali Kota Solo itu.

Ketiga, kata Jokowi, kedua negara juga sepakat untuk memperkuat pembangunan perbatasan.

"Saya harap pembangunan PLTN Napan dapat selesai tahun ini dan saya juga mendorong agar join border commity dapat dilakukan kembali," tuturnya.

Keempat, Jokowi menegaskan komitmen BUMN dan perusahaan-perusahaan Indonesia untuk berpartisipasi dalam pembangunan di Timor Leste, termasuk di bidang infrastruktur.

Kelima, Presiden Jokowi mendorong kedua negara dapat segera menyelesaikan bilateral investment 3D.

"Nilai investasi Indonesia di Timor Leste saat ini mencapai 818 juta US Dollar terutama di sektor perbankan, migas, dan telekomunikasi," ucap Jokowi. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya