Pilihan Minggu, 15 Mei 2022 | 06:05

5 Tips Membuat WFH Selalu Menyenangkan Anti Jenuh

Lihat Foto 5 Tips Membuat WFH Selalu Menyenangkan Anti Jenuh Ilustrasi perempuan bahagia. (foto: you work from them).

Jakarta - Bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH) tidak jarang membuat seseorang merasakan bad mood atau menurunnya suasana hati. Bagi yang sudah terbiasa melakukannya, mungkin tidak jadi masalah. Namun, bagi yang belum terbiasa, pasti aktivitas WFH ini bisa menimbulkan kejenuhan.

Berbagai situasi yang terjadi sehari-hari sangat mungkin dapat memengaruhi kondisi mood seseorang menjadi drop.

Jika tidak pandai mengelola suasana hati, maka dampaknya, pekerjaan kamu bisa menjadi tidak efektif lho. Jangan sampai mood buruk berefek pada kinerja saat WFH.

Berikut 5 tips yang dapat kamu lakukan di rumah saat WFH untuk meningkatkan mood dan kinerja:

1. Mandi Pagi

Mandi pagi tentunya menyegarkan, dapat menambah energi lebih banyak pada tubuh kamu. Dalam jurnal Medical Hypotheses, mandi menggunakan air dingin dapat mengaktifkan sistem saraf simpatik serta meningkatkan hormon endorfin.

Hormon endorfin merupakan zat kimia layaknya morfin yang dihasilkan oleh tubuh secara alami.

Hormon endorfin ini memiliki peranan yang sangat penting dalam menggedor emosi yang positif.

2. Makan Dark Chocolate

Penelitian Experimental Biology di San Diego menunjukkan bahwa dark chocolate memiliki efek positif dalam menurunkan stres, inflamasi, perbaiki mood, memori, dan tingkatkan imunitas tubuh.

Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan, cokelat yang mengandung minimal 70% kakao bisa memberikan efek baik pada kesehatan yang berhubungan dengan kognitif manusia, endokrin (kelenjar yang tidak mempunyai saluran untuk mengalirkan hasil sekresinya), dan kesehatan jantung atau kardiovaskular.

3. Berkebun

Aktivitas berkebun dapat menjadi sarana yang baik bagi seseorang untuk meningkatkan kesehatan mentalnya.

Kegiatan ini dapat meningkatkan hormon serotonin dalam tubuh seseorang. Hormon tersebut menjadi bahan kimia bahagia alami, anti-depresan alami, dan dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta berfungsi dalam mengelola suasana hati.

Premaculture College Australia menjelaskan, ketika sedang berkebun dan membiarkan tangan kita bersentuhan langsung dengan tanah, dapat memicu pelepasan hormon serotonin di otak.

4. Berolahraga

Riset membuktikan, berolahraga merupakan salah satu cara yang tepat untuk menetralkan depresi dan stres. Saat olahraga, tubuh secara alami melepaskan hormon endorfin.

Selain itu, melakukan aktivitas fisik tersebut dapat mengurangi rasa sakit, juga membangkitkan energi positif dalam diri kamu lho. 

5. Letting Go

Bersikeras melawan emosi yang sulit dikendalikan membuat suasana hati seseorang justru menjadi semakin tidak terkendali.

Cobalah untuk menerima perasaan kamu seutuhnya dan jangan menolaknya. Sebab, hal tersebut dapat menjadi treatment yang baik bagi perasaanmu. Hal terpenting adalah memperbaiki mood agar keseharianmu tidak rusak dengan melepaskan atau letting go. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya