Pilihan Senin, 15 Agustus 2022 | 15:08

7 Mobil Kepresidenan Dipamerkan di Sarinah, Tunggangan Soekarno Sita Perhatian

Lihat Foto 7 Mobil Kepresidenan Dipamerkan di Sarinah, Tunggangan Soekarno Sita Perhatian Pameran tujuh mobil kepresidenan di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat. (Foto: Opsi/Fernandho Pasaribu

Jakarta - Istana Kepresidenan menggelar pameran mobil kepresidenan di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI).

Sebanyak tujuh kendaraan dinas kepala negara dari tujuh periode pemerintahan RI dipamerkan, mulai dari Buick hingga Mercedes-Benz S600 Guard. Gelaran ini berlangsung di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, hingga 31 Agustus 2022.

Ini tujuh kendaraan dinas rangkuman Opsi, Minggu, 15 Agustus 2022 di lokasi pameran tersebut;

Buick Limited 8 (1939). (Foto: Opsi/Fernandho Pasaribu)

Buick Limited 8

Keberadaan mobil Buick Limited 8 ini menyita perhatian para pengunjung. Setiap pengunjung menyempatkan diri berswafoto dengan mobil kepresidenan pertama yang dimiliki pemerintah Indonesia dan digunakan oleh Presiden Soekarno itu.

Sang Proklamator menggunakan kendaraan operasional ini dalam rentang tahun 1945 hingga 1949. Mobil berkelir hitam dengan plat nomor bertuliskan REP-1 itu dikeluarkan oleh Buick Motor Division dan rilis pada tahun 1939 dengan kapasitas mesin 5247 cc yang dapat menghasilkan 143 tenaga kuda.

Eksteriornya berwarna hitam dengan gril besar pada bagian depan. Sementara interiornya didominasi material kain berwarna cokelat yang membalut bagian kursi dan atap kabin.

Ada yang unik dari Buick ini, terdapat kaca besar yang menjadi pembatas antara kursi baris depan dan belakang. Kaca tersebut dapat dibuka dengan menggunakan tuas putar.

Mercedes Benz S280. (Foto:Opsi/Fernandho Pasaribu)

Mercedes Benz S280

Mercedes Benz S280 keluaran tahun 1980. Mobil berwarna putih ini pernah digunakan oleh tiga presiden, yakni Soeharto, B.J. Habibie, dan Gus Dur. Selain itu, Siti Hartinah Soeharto alias Tien Soeharto juga disebut sempat menggunakan mobil ini.

Model tertinggi mobil ini dibekali mesin 4973 cc 8 silinder yang mampu menghasilkan 240 tenaga kuda dan torsi maksimal 240 Nm. Mobil ini menggunakan mesin penggerak roda belakang yang memiliki 5 gigi dengan kecepatan maksimal 225 kilometer per jam.

Tangki bensin Mercedes Benz S280 memiliki kapasitas maksimal 90 liter dengan dua opsi mesin, yakni bensin dan diesel.

Mercedes Benz S-Class W126. (Foto:Opsi/Fernandho Pasaribu)

Mercedez Benz S-Class W126

Mercedes Benz S-Class W126 menjadi kendaraan ketiga yang dipamerkan di Sarinah. Mobil ini menjadi pendamping tugas negara Soeharto, Habibie, dan Gus Dur.

Serupa dengan Mercedes Benz S280, mobil keluaran tahun 1982 berwarna hitam ini juga memiliki mesin 4973 cc yang dapat menghasilkan 240 tenaga kuda.

Mobil asal Jerman itu memiliki kecepatan maksimal 225 kilometer per jam. Kendaraan ini dapat berakselerasi 0-100 kilometer per jam hanya dalam 7,5 detik saja.

Cadillac Fleetwood Brougham. (Foto:Opsi/Fernandho Pasaribu)

Cadillac Fleetwood Brougham

Tak hanya itu, dalam pameran itu turut dipajang dua unit Cadillac Fleetwood Brougham yang pernah menjadi kendaraan Presiden BJ Habibie. Sebelumnya, mobil ini digunakan sebagai kendaraan operasional untuk tamu negara dan credential duta besar.

Mobil produksi tahun 1980 ini memiliki body tipe saloon 4 pintu dengan mesin penggerak roda belakang yang terletak di depan. Cadillac Fleetwood Brougham dibekali mesin 8 silinder yang menghasilkan tenaga 150 bhp pada 3800 rpm, dan torsi maksimum 359 Nm pada 1600rpm.

Cadillac Fleetwood Brougham menjadi mobil yang cukup spesial di pameran ini karena ada dua unit yang dipajang.

Mercedes Benz S-Class W140Mercedes Benz S-Class W140. (Foto: Opsi/Fernandho Pasaribu)

Pabrikan asal Jerman kembali mencatatkan namanya di jajaran mobil kepresidenan lewat kehadiran Mercedes Benz S-Class W140. Mobil ini digunakan oleh Gus Dur, Megawati, hingga Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Mobil keluaran tahun 1998 ini merupakan seri kedua dari model W140. Kendaraan ini dibekali mesin 5987 cc yang dapat menghasilkan maksimal 389 tenaga kuda.

Mercedes Benz S600 Guard. (Foto: Opsi/Fernandho Pasaribu)

Mercedes Benz S600 Guard

Terakhir, terdapat Mercedes-Benz Sedan S600 Guard yang merupakan kendaraan kepresidenan era Presiden SBY dan Joko Widodo alias Jokowi.

Mobil keluaran tahun 2008 ini memiliki mesin otomatis 12 silinder 5980 cc berbahan bakar bensin yang mampu menghasilkan kecepatan maksimal 510 tenaga kuda pada torsi 2000r rpm.

Dengan mesin tersebut, mobil ini mampu menghasilkan kecepatan maksimal 250 kilometer per jam.

Seperti diketahui, pameran mobil kepresidenan untuk memperingati HUT RI itu akan digelar hingga 31 Agustus 2022.

Selain mobil kepresidenan, turut dipamerkan arsip-arsip kepresidenan seperti dokumentasi foto dan video negara yang kemungkinan besar masyarakat belum pernah melihatnya.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya