Daerah Jum'at, 24 Desember 2021 | 05:12

Hadapi Nataru Jawa Barat Hadirkan SIMANIS

Lihat Foto Hadapi Nataru Jawa Barat Hadirkan SIMANIS Ilustrasi apel gelar pasukan pengamanan Nataru Jawa Barat. (Foto: Opsi/Biro Adpim Jabar)
Editor: Yohanes Charles

Bandung - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat (Jabar) sedang menyiapkan aplikasi SIMANIS (Sistem Informasi Jalan dan Wisata). Aplikasi tersebut disiapkan untuk menghadapi momen Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

Kepala Dishub Jabar Koswara menjelaskan, aplikasi SIMANIS memuat informasi-informasi bagi pelaku perjalanan darat selama Nataru, mulai dari lokasi wisata, kapasitas pengunjung lokasi wisata terkini, situasi lalu lintas, sampai kebijakan terkait.

"Aplikasi ini hasil kolaborasi Dishub Jabar, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar, Kementerian Perhubungan, dan pengelola jalan tol. Ini menjadi panduan untuk warga pelaku perjalanan darat saat Nataru," kata Koswara di Kota Bandung, Kamis 23 Desember 2021.

Menurut Koswara, informasi dan data dalam SIMANIS rutin diperbarui dari berbagai sumber, seperti pengelola wisata, Disparbud, dan Jasa Marga.

Selain itu, aplikasi SIMANIS akan memuat data jumlah kendaraan yang melintas di ruas tol yang mengarah ke sejumlah daerah tujuan wisata di Jabar.

"Ada sekitar 8 exit tol yang mengarah ke wilayah Jabar. Dengan begitu, ini bisa membantu masyarakat mengambil keputusan dalam perjalanan," katanya.

Aplikasi SIMANIS sendiri sudah diujicoba pada Rabu 22 Desember 2021. Ujicoba dilakukan untuk melihat sejauh mana aplikasi tersebut berfungsi secara optimal.

"Dan dilengkapi dengan data terkini tentang kondisi lokasi wisata, kondisi jalan, kenyamanan, serta keamanan perjalanan menuju lokasi wisata," ucap Koswara.

Koswara menyatakan, Dishub Jabar berharap masyarakat tidak bepergian ke luar kota apabila tidak ada kepentingan mendesak.

Pasalnya, potensi penularan Covid-19 masih ada. Jika terdesak harus melakukan perjalanan jarak jauh, Koswara mengingatkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan dengan ketat sekaligus menyiapkan persyaratan perjalanan yang sudah ditentukan, seperti vaksinasi dosis lengkap dan hasil swab test antigen ataupun PCR.

"Dan jangan lupa manfaatkan fasilitas informasi SIMANIS yang kami sediakan sebelum melakukan perjalanan," ucapnya.

Adapun link untuk mengakses aplikasi SIMANIS, yakni http://dishub.jabarprov.go.id/simanis. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya