News Jum'at, 24 Desember 2021 | 12:12

Serap Aspirasi, Anggota DPD RI Kunker ke Aceh Barat Daya

Lihat Foto Serap Aspirasi, Anggota DPD RI Kunker ke Aceh Barat Daya Anggota DPD-RI asal Aceh, Sudirman. Foto: Opsi/istimewa.

Aceh Barat Daya - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Aceh, H. Sudirman melakukan kunjungan kerja ke sejumlah Kabupaten/Kota di Aceh guna menyerap keluhan masyarakat terkait penyaluran dana desa.

Salah satu kabupaten yang dikunjungi, yakni Kabupaten Abdya. Di Abdya, Sudirman menemui kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pengendalian Penduduk, dan Pemberdayaan Perempuan (DPMP4) untuk melakukan pengawasan dana APBN dalam dana desa.

"Kita ingin melihat bagaimana laporan terhadap penggunaan dana desa tahun 2021 ini dan program apa saja yang sudah berhasil tahun ini. Kemudian juga kita akan melihat program apa saja yang diajukan pada tahun 2022 nanti," kata Sudirman di Abdya, Kamis, 24 Desember 2021.

Dia bilang, penggunaan dan program ke depan yang menggunakan dana desa perlu di-input. Hal ini supaya diberikan pertimbangan ke dalam APBN tahun 2022 kepada Kementerian Keuangan yang tidak akan lama lagi akan melakukan pembahasan.

Sudirman berujar, dari penyampaian kepala dinas dan para Kabag, didapatinya keluhan tentang Perpres 104 terkait dengan BLT yang dialokasikan dari dana desa itu adalah 40 persen.

"Ada keluhan pada Perpres itu. Ini sangat tidak bisa dieksekusi kalau memang desa itu penduduknya sangat sedikit, karena batasan ini idealnya jangan dilakukan penyekatan dengan Perpres itu," ucapnya.

Pantauan Opsi.id, usai bertemu pihak dinas, kemudian Sudirman menyempatkan diri bertemu dengan Bupati Abdya Akmal Ibrahim. Keduanya berbincang sambil minum kopi di salah satu warkop kota Blangpidie.

Sudirman mulai tenar dan dikenal masyarakat Aceh, melalui film komedi Aceh dengan nama Haji Uma yang menjadi pusat perhatian warga. Tidak heran banyak yang memintanya untuk berswafoto. Usai silaturahmi dengan Bupati Abdya, Sudirman melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Aceh Selatan dan Kota Subulussalam. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya