Daerah Kamis, 12 Mei 2022 | 01:05

Aceh Diguncang Gempa 5,2 M, Tidak Berpotensi Tsunami

Lihat Foto Aceh Diguncang Gempa 5,2 M, Tidak Berpotensi Tsunami Ilustrasi Gempa bumi di Aceh pada Kamis, 12 Mei 2022. (foto: BMKG).

Aceh Barat Daya - Gempa berkekuatan magnitudo 5,2 mengguncang area Barat Daya Banda Aceh pada Kamis dini hari atau sekira pukul 00.27 WIB seperti dilaporkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

BMKG merilis pusat gempa berada di laut 117 km barat daya Banda Aceh dengan kedalaman 13 km. Koordinat gempa berada pada 4.60 Lintang Utara (LU) dan 94.84 Bujur Timur (BT).

Getaran gempa dirasakan di sekitar wilayah Banda Aceh, Aceh Besar, dan Aceh Jaya dalam skala III Modified Mercalli Intensity (MMI).

Skala Mercalli merupakan salah satu satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi, terutama jika tidak terdapat peralatan seismometer di tempat kejadian.

Pada skala III, getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Namun demikian, tidak dilaporkan potensi tsunami. BMKG mengimbau masyarakat untuk waspada atas kemungkinan gempa susulan.

"Sempat tersentak saat gempa itu, tapi karena tidak lama saya tidak panik. Setelah itu sudah tidak bisa tidur lagi," kata Akbar, warga Aceh Jaya, Kamis, 12 Mei 2022.

Dia berkata, warga Aceh tentu punya historis tersendiri tentang gempa. Musibah yang mulanya gempa kemudian berlanjut ke tsunami tentu masih membakas di benak warga Aceh.

"Aceh sempat porak-poranda dulu karena gempa dan tsunami, tentu masih membekas," ucapnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya