Daerah Minggu, 29 Mei 2022 | 10:05

Aceh Gunakan Motor Listrik untuk Mendukung Operasional Petugas

Lihat Foto Aceh Gunakan Motor Listrik untuk Mendukung Operasional Petugas Deretan sepeda motor listrik Gesits yang dibeli pemerintah provinsi Aceh (ANTARA/HO-Gesits)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Pemerintah Provinsi Aceh membeli 37 motor listrik Gesits untuk kebutuhan operasional petugas pengumpul data perindustrian dan survei kebutuhan pokok di Aceh.

Pembelian kendaraan listrik yang diproduksi PT Wika Industri Manufaktur itu menjadi langkah Pemerintah Aceh menjalankan program Aceh Hijau dan mengurangi emisi karbon.

Hal ini seperti di utarakan Gubernur Aceh, Nova Iriansyah saat menyerahkan secara simbolis kendaraan listrik itu kepada para perwakilan 23 kabupaten/kota di Banda Aceh, Jumat 27 Mei 2022 lalu.

Menurut Gubernur Nova, Gesits dipilih untuk menghemat biaya, mempermudah kinerja, sekaligus bentuk apreasiasi karya anak bangsa. Penggunaan motor listrik itu, kata Gubernur, juga sebagai bentuk pengenalan kendaraan hemat energi dan bersih kepada masyarakat Aceh.

"Nantinya kita siap berpartisipasi mendukung operasional seluruh kendaraan bertenaga listrik di Indonesia pada 2050," kata Gubernur Nova dalam siaran pers yang diterima Opsi, Minggu, 29 Mei 2022.

Sementara, Direktur Utama PT Wika Industri Manufaktur, M. Samyarto, mengatakan penggunaan Gesits adalah wujud sinergi dengan pemerintah daerah untuk mendukung ketahanan energi nasional. Hal ini juga mendorong akselerasi kendaraan listrik berbasis baterai di Indonesia.

Menurutnya, Aceh merupakan provinsi pertama di Indonesia yang menggunakan Gesits sebagai kendaraan operasional di lingkungan pemerintahan daerah.

"Menjadikan Aceh sebagai role model bagi provinsi lain di Indonesia dalam mendukung ketahanan energi nasional dengan menggunakan kendaraan ramah lingkungan," katanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya