Daerah Rabu, 24 Agustus 2022 | 19:08

Aceh Kirim Empat Pecatur ke PON Internasional di Malaysia

Lihat Foto Aceh Kirim Empat Pecatur ke PON Internasional di Malaysia Atlet catur Aceh yang siap diberangkatkan ke Malaysia. (Foto:Opsi/istimewa)
Editor: Fernandho Pasaribu Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Empat atlet catur dari Provinsi Aceh dipersiapkan untuk mengikuti sejumlah kejuaraan internasional pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Malaysia.

Ketua Pengurus Provinsi Percasi Aceh, Ihsanuddin MZ mengatakan kejuaraan internasional yang akan diikuti pecatur Aceh menjadi ajang uji coba.

"Kita menyiapkan empat pecatur. Mereka merupakan binaan KONI Aceh. Mereka atlet catur yang disiapkan untuk PON 2024. Mereka selama ini mengikuti pemusatan latihan daerah," kata Ihsanuddin, Rabu, 24 Agustus 2022.

Keempat pecatur yang diberangkatkan itu yakni Master Fide (MF) Zulkhairi, Master Nasional (MN) Sarmadoli, MN Irwandi, dan Hunter Chalid.

Dia mengungkapkan, pecatur ini nantinya akan didampingi Dian Maulana, pelatih merangkap ofisial.

"Mereka berada di Malaysia mulai, 25 Agustus 2022 hingga 20, September 2022. Selain mengikuti kejuaraan internasional, atlet catur Aceh ini juga mengikuti beberapa uji coba dengan pecatur di negara itu," ujarnya.

Katanya, pecatur Aceh nanti akan mengikuti empat kejuaraan internasional di Malaysia. Kejuaraan internasional tersebut akan diikuti sejumlah pecatur bergelar Grand Master (GM) dari berbagai negara.

"Nanti mereka juga ikut kejuaraan Malaysia terbuka. Di kejuaraan tersebut, mereka mengikuti catur klasik atau standar. Di mana setiap pemain diberi waktu pikir selama 90 menit," tuturnya.

Kemudian, katanya, Sunway Rapid Open Tournament Non Fide Rated. Di kejuaraan ini, pecatur diberikan waktu berpikir hanya 20 menit. Kejuaraan seperti itu biasa disebut catur kilat.

"Serta Metromall Open Rapid Fide Rate, yakni kejuaraan catur cepat 20 menit, dan Kedah Open Non Fide Rate. Kejuaraan ini dengan waktu pikir 15 menit dengan waktu tambahan lima detik," ucapnya.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya