News Sabtu, 18 Februari 2023 | 16:02

Adu Pukul Pemain di Stadion Bung Karno, PSSI-nya Fiji Minta Maaf

Lihat Foto Adu Pukul Pemain di Stadion Bung Karno, PSSI-nya Fiji Minta Maaf Pemain U-20 Indonesia saat laga melawan Fiji di GBUK, Jumat, 17 Februari 2023 malam. (Foto: PSSI)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Persatuan Sepakbola Fiji (FA Fiji) meminta maaf atas aksi pemain mereka yang melakukan kekerasan saat laga melawan timnas U-20 dalam laga persahabatan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat, 17 Februari 2023 malam.

Laga itu sendiri dimenangkan timnas U-20 Indonesia dengan skor 4-0. 

Dalam pertandingan tersebut wasit mengeluarkan empat kartu merah, tiga diantaranya diberikan kepada pemain Fiji U-20, yakni Thomas Arthur, Melvin Mansheek, dan Pawan Singh. 

Satu kartu merah diberikan untuk penyerang Timnas Indonesia U-20, Hokky Caraka.

Dalam babak kedua, salah seorang pemain Fiji, Pawan Singh memukul pemain Indonesia yang kemudian memicu perkelahian dengan pemain Indonesia, Hokky Caraka. 

Insiden itu memaksa wasit Thoriq Munir Alkatiri mengeluarkan kartu merah pada Hokky dan Pawan.

Terkait insiden itu, FA Fiji mengaku kecewa dengan ketidakdisiplinan pemain dan tim U-20 Fiji.

Ketua Umum FA Fiji, Rajesh Patel dan Exco telah mengambil keputusan, diantaranya pemain yang mendapat kartu merah karena tindakan kekerasan dipulangkan ke Fiji.

Baca juga: Ketika Shin Tae-yong Ngomong-Ngomong Sepak Bola dengan Jokowi

Tindakan disipliner lebih lanjut akan diberikan kepada pemain yang bersangkutan dan manajemen tim sudah diarahkan untuk mengusahakan kedisiplinan tim.

Baik di dalam maupun di luar lapangan untuk persiapan pertandingan selanjutnya dan seterusnya.

"Kami dengan tulus meminta maaf kepada manajemen tim Indonesia, pemain, dan penggemar pada umumnya dari kedua negara atas apa yang terjadi dalam pertandingan tersebut dan yakinlah bahwa tindakan yang tepat telah diambil," kata Patel dalam keterangan yang dilansir dari laman PSSI, Sabtu, 18 Februari 2023.

Baca juga: Piala Dunia U-20, PR Terberat Erick Thohir

Disebutkan, FA Fiji tidak memaafkan perilaku seperti itu dari para pemain nasional mereka 

"Kami akan menindak keras para pemain yang merusak reputasi sepak bola dan negara,” kata Patel.,

Timnas U-20 Indonesia dalam International Friendly Match di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, menang 4-0 atas Fiji.

Selepas itu, tim Indonesia akan kembali bertanding pada Minggu, 19 Februari 2023 melawan tim Selandia Baru. Kemudian pada Selasa, 21 Februari 2023, Indonesia akan menghadapi Guatemala.

Ini merupakan ajang pemanasan bagi timnas Indonesia sebelum bertanding di Piala Asia U-20 di Uzbekistan pada 1-19 Maret 2023. 

Anak asuh Shin Tae-yong berangkat pada 24 Februari 2023. Di Uzbekistan Indonesia berada di Grup A dengan Irak, Syiria, dan tuan rumah Uzbekistan. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya