News Kamis, 09 Desember 2021 | 21:12

Ahli Perkirakan Omicron Masuk Indonesia, Puan: Perketat Tracing!

Lihat Foto Ahli Perkirakan Omicron Masuk Indonesia, Puan: Perketat Tracing! Ketua DPR RI, Puan Maharani.(Foto:Opsi/Istimewa)

Jakarta - Ketua DPR RI, Puan Maharani meminta pemerintah menyikapi kecurigaan banyak pihak yang menyebut bahwa Varian Omicron B.1.1.529 kemungkinan besar sudah masuk ke Indonesia.

Apalagi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan varian Omicron sudah terdeteksi di 38 negara, termasuk di negara tetangga, yakni Singapura dan Malaysia.

Kendati belum ada laporan resmi terkait penemuan Omicron di Indonesia, Puan berharap pemerintah bisa menelusuri kasus-kasus Covid-19 dengan ketat.

"Para ahli sudah memperkirakan Omicron kemungkinan besar sudah masuk ke Indonesia. Hal ini harus disikapi dengan memperketat tracing, meski memang belum ada laporan resmi penemuan kasus Omicron di negara kita," kata Puan di Jakarta, Kamis, 9 Desember 2021.

Menurutnya, pengetatan tracing perlu dilakukan di seluruh lini. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya penularan Omicron tanpa terdeteksi.

"Apalagi sejumlah daerah dilaporkan mulai lengah melakukan tracing sehingga terjadi peningkatan kasus. Jangan sampai kita kecolongan. Tracing mulai dari suspect, pengetesan terhadap orang-orang terdekat dan lingkungan pasien Covid-19, sampai dengan identifikasi jenis virus mutlak dilakukan," ujarnya.

"Jadi jangan sampai Omicron tidak terdeteksi apabila sudah masuk Indonesia agar penanganannya tidak terlambat," ucap Puan Maharani menambahkan.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya