News Minggu, 18 Juni 2023 | 12:06

AHY dan Puan Maharani Ketemuan di Hutan Kota Gelora Bung Karno, Sinyal Akur?

Lihat Foto AHY dan Puan Maharani Ketemuan di Hutan Kota Gelora Bung Karno, Sinyal Akur? Puan Maharani dan AHY. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Dua anak dari presiden yang kini menjadi elite di masing-masing partai politik bertemu dalam suasana santai.

Puan Maharani adalah putri dari Megawati Soekarnoputri dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) merupakan putra dari Susilo Bambang Yudhoyono.

Puan kini Ketua DPP PDIP, sedangkan AHY adalah Ketua Umum Partai Demokrat. Keduanya bertemu di Plataran, Hutan Kota Gelora Bung Karno, Minggu, 18 Juni 2023.

Dua partai ini dalam dua dekade, yakni 2003-2023 menjadi rival dalam posisi berbeda. Ketiak SBY menjadi presiden dua periode, PDIP menjadi oposisi.

Ketika Jokowi sebagai presiden yang merupakan kader PDIP, Partai Demokrat dua periode kepemimpinan Jokowi juga menjadi oposisi 

AHY mengakui hubungan oposisi antara Demokrat dengan PDIP telah berjalan cukup lama, yakni sekitar dua dekade sejak 2003-2023. 

BACA JUGA: AHY Masuk Daftar Bacawapres Ganjar, PDIP: Spirit Merangkul Seluruh Elemen Politik

Pengalaman sebagai lawan dan rival dalam pemerintahan yang cukup lama ini kemungkinan besar hanya dialami PDIP dan Demokrat.

"Mungkin tidak banyak yang punya pengalaman seperti itu. Sering kali dianggap antara kedua partai belum bisa berjalan dengan sebaik yang diharapkan," kata AHY selepas pertemuan santai tapi serius tersebut.

Meski demikian, AHY mengaku saat ini dia tak ingin melihat ke belakang. Masa lalu menurutnya tak perlu lagi dibahas.

Bahkan kata AHY, pertemuan dirinya dengan Puan bisa jadi oase politik. Memperlihatkan bahwa dalam berpolitik memang ada saatnya seseorang ada di kubu berseberangan tapi nyatanya hubungan keduanya baik-baik saja.

"Mudah-mudahan menjadi bentuk yang baik. Segala sesuatunya kita carikan solusinya," ucap AHY.

Menurutnya, meskipun kedua partai memang belum ada kepastian akan berada di jalan yang sama, tapi ke depan semua belum bisa dipastikan. Sebab rekonsiliasi politik semacam ini menurut AHY tetap harus ada.

"Walau belum selalu pasti pada sikap yang sama, tapi InsyaAllah politik rekonsiliasi semacam ini memang harus," katanya.

AHY dan Puan melakukan pertemuan di Plataran Hutan Kota GBK. Puan sendiri sempat menyebut bahwa hubungan keduanya memang akrab dan tidak perlu dibesar-besarkan.

"Kita memang akrab kok," tutur Puan. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya