News Kamis, 27 April 2023 | 22:04

Airlangga dan Zulhas Hormati Putusan PPP Mengusung Ganjar Pranowo

Lihat Foto Airlangga dan Zulhas Hormati Putusan PPP Mengusung Ganjar Pranowo Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: Tangkapan Layar)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Tiga ketua umum parpol Koalisi Indonesia Bersatu, yakni Golkar, PAN, dan PPP melakukan silaturahmi, Kamis, 27 April 2023 malam. 

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bertindak sebagai tuan rumah, dihadiri Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) dan Plt Ketua Umum PPP Mardiono.  

Meski PPP sudah mengusung Ganjar Pranowo, KIB menurut Airlangga dan Zulhas tetap solid, rukun, dan harmoni. 

Menurut Airlangga, dalam pertemuan silaturahmi, pihaknya mendapatkan penjelasan dari Ketum PPP terkait dengan hasil rapimnas yang mengusung Ganjar Pranowo sebagai capres.

"Tentunya mengapresiasi mekanisme yang ada di PPP dan masing-masing partai. Walau kita semua koalisi KIB, pada malam hari ini kita solid, dan rukun," katanya.

BACA JUGA: 2 Partai Sudah Merapat ke PDIP, Pernusa: Belum Menjamin Ganjar Bisa Menang

Menurut Airlangga, mekanisme yang dipahami bahwa KIB tidak akan mencampuri urusan internal partai masing-masing.

"Jadi itu clear. Jadi rapimnas itu bagian dari mekanisme PPP. Kalau di Golkar ada munas, demikian pula mekanisme di PAN," tukasnya.

Sedangkan terkait dengan keputusan, KIB kata dia, akan berkomunikasi dan berunding dengan masing-masing internal parpol.

KIB sifatnya menampung seluruh aspirasi yang dibawa oleh masing-masing parpol. 

"Jadi kalau seperti keluarga, KIB ini adalah keluarga. Masing-masing kita berbicara atas nama KIB, atas nama partai, kemudian kita rundingkan kembali secara internal," terangnya.

Ke depan KIB kata Airlangga, masih memerlukan pembicaraan-pembicaraan lanjutan. 

"Karena sudah dibentuk koalisi, berkomunikasi dengan koalisi yang lebih besar, koalisi besar atau koalisi kebangsaan akan terus pembahasan lanjutan dari pertemuan yang lalu," ucapnya.

Airlangga menegaskan, situasinya saat ini semua opsi masih terbuka karena memang jadwal untuk pemilu masih enam bulan ke depan.

"Sehingga komunikasi masih terus berjalan dengan baik, demikian pula dengan ketum-ketum parpol yang di luar KIB," ujarnya.

Dia menyebut, tujuan KIB dibentuk adalah membangun Indonesia yang lebih kuat, yang mandiri dan juga membangun persatuan.

Hal sama diutarakan Zulhas, pihaknya menghormati putusan PPP mendukung Ganjar Pranowo dengan segala persyaratannya.  

"KIB kuat, solid, dan harmoni dan akan melanjutkan perbincangan-perbincangan," tandasnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya