Hiburan Senin, 28 Maret 2022 | 13:03

Ajang Penghargaan Oscar 2022 Diwarnai Momen Mengheningkan Cipta untuk Ukraina

Lihat Foto Ajang Penghargaan Oscar 2022 Diwarnai Momen Mengheningkan Cipta untuk Ukraina Ilustrasi Piala Oscar. (Foto: The Academy)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Gelaran penghargaan The Academy Awards alias Piala Oscar 2022 diwarnai momen mengheningkan cipta dari para selebritas Hollywood, sebagai bentuk dukungan mereka kepada rakyat Ukraina yang saat ini tengah menghadapi serangan Rusia.

Laman France24 mewartakan, banyak pihak yang meminta penyelenggara Oscar melakukan sesuatu terkait Ukraina walau di sisi lain, ada khawatir momen itu bisa dianggap negatif.

Serangkaian slide dimunculkan di layar raksasa di Dolby Theatre, berisi kalimat yang menjelaskan momen mengheningkan cipta dilakukan di perhelatan dunia seni perfilman itu.

"Kami ingin mengheningkan cipta untuk menunjukkan dukungan kami kepada rakyat Ukraina yang saat ini menghadapi invasi, konflik, dan prasangka di dalam perbatasan mereka sendiri," demikian bunyi pesan tersebut, dikutip Opsi pada Senin, 28 Maret 2022.

"Sementara film adalah jalan penting bagi kami untuk mengekspresikan kemanusiaan kami di saat konflik, kenyataannya jutaan keluarga di Ukraina membutuhkan makanan, perawatan medis, air bersih, dan layanan darurat. Sumber daya langka dan kami secara kolektif sebagai komunitas global bisa berbuat lebih banyak. Kami meminta Anda untuk mendukung Ukraina dengan cara apa pun yang Anda bisa #StandWithUkraine," bunyi lanjutan pesan tersebut.

Aktor Will Smith. (Foto: The Academy)

Sederet aktor, aktris dan judul film keluar menjadi pemenang peraih piala Oscar dalam gelaran penghargaan Academy Awards 2022 yang dihelat di Hollywood`s Dolby Theatre di ABC pada Minggu malam, 27 Maret 2022 waktu setempat.

Pihak Academy of Motion Picture Arts and Sciences akhirnya mengumumkan secara lengkap para pemenang Academy Awards tahunan ke-94, yang dibawakan Amy Schumer, Wanda Sykes, dan Regina Hall.

Will Smith yang sempat terlibat insiden pemukulan di atas panggung terhadap Chris Rock, keluar sebagai peraih Piala Oscar untuk kategori Aktor terbaik.

Baca juga: Gegara Invasi Ukraina, Rusia Ditendang dari Penghargaan Emmy Awards

Baca juga: Beyonce dan Billie Eilish Bakal Tampil di Ajang Penghargaan Piala Oscar

Selain itu, bintang film CODA, Troy Kotsur, menjadi sosok tuli kedua yang memenangkan Oscar untuk penampilannya dalam film yang kemudian menjadi judul streaming pertama sebagai Film Terbaik dalam sejarah Academy Awards. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya