News Minggu, 13 November 2022 | 14:11

Ajang Porprov Resmi Dimulai, Ribuan Atlet Bertarung Jadi yang Terbaik

Lihat Foto Ajang Porprov Resmi Dimulai, Ribuan Atlet Bertarung Jadi yang Terbaik Kontingen Porprov XIV Jabar dari Kota Cirebon. (Foto: Opsi/Charles).
Editor: Yohanes Charles

Ciamis - Kabupaten Ciamis sukses membuat decak kagum kontingan Porprov XIV Jabar 2022 di Stadion Galuh, Sabtu 12 November 2022 malam.

Meski jelang detik-detik pembukaan Porprov hujan, namun tidak menyurutkan atlet, official, manajer, Forkopimda Jabar dan tamu undangan untuk mengikuti peresmian pembukaan Porprov yang dibuka Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanunul Ulum.

Ciamis sebagai tuan rumah pembukaan Porprov tampak siap dalam seremonial pembukaan tersebut dengan penampilan sejumlah kesenian tradisional serta grup band Jamrud.

Ketua Porprov XIV Jabar 2022 Budiana mengatakan, dalam event ini ada 78 sub cabor dengan total 1.044 medali.

"Medali yang sudah diperebutkan sebanyak 980 medali. Porprov dilaksanakan di tiga daerah dengan 6 daerah penyangga. Tiga daerah tersebut, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Subang dan Kota Bandung," ujar dia.

Baca juga: Sudah Diluncurkan, Ini Makna yang Terkandung dalam Logo Porprov ke IV Sulbar

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya menambahkan, pihaknya menghaturkan terima kasih kepada gubernur dan ketua KONI Jabar yang telah mempercayakan Ciamis sebagai tuan rumah Porprov XIV. 

"Ini merupakan penghargaan bagi warga Ciamis. Selamat bertanding dengan menjunjung tinggi serta sportivitas. Mohon maaf bila dalam penyelenggaraan Porprov jauh dari kata sempurna," sebut dia.

Ketua KONI Jabar, Ahmad Saefudin menandaskan, Porprov diikuti 13 ribu lima puluh atlet, serta 21 ribu SDM dalam penyelenggaraan Porprov. Dari sebanyak atlet tersebut 12 ribu merupakan atlet junior.

"Itu artinya sudah terbentuk bibit-bibit atlet muda yang akan menggantikan atlet senior utk selanjutnya mewakili Jabar dalam PON di Aceh mendatang.

Kami bangga dan terima kasih kepada bupati dan wali kota se Jabar yang telah memberikan bakti olahraga utk Jabar," jelasnya.

Saefudin mengungkapkan, dengan anggaran terbatas paska pandemi Covid-19, namun Porprov dapat dilaksanakan.

"Porprov diharapkan dapat menghasilkan prestasi untuk Jabar, nasional dan internasional," katanya.

Baca juga: Uu Ruzhanul: Porprov Jadi Evaluasi Pembinaan dan Pendidikan Atlet

Sementara itu, Gubernur Jabar yang diwakili Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada panitia, khususnya Bupati Ciamis yg telah menyelenggarakan Porprov dengan luar biasa.

Komitmen dan kebersamaan Pemprov dan pemda-pemda seluruh Jabar sehingga memghasilkan penyelenggaraan Porprov dengan lancar. Jabar harus memperpertahankan juara umum PON.

"Setelah juara umum PON di Jabar, Papua dan nanti yang akan di Aceh harus juara lagi sehingga hattrick. Jadi prestasi harus maksimal dalam PON di Aceh," jelasnya.

Uu menambahkan, Porprov harus mengahasilkan atlet yang berkualitas untuk meraih prestasi di PON Papua. Sementara itu,

Ketua KONI Kota Cirebon Wati Musilwati mengaku bersyukur bisa memberangkatkan cabor yang lolos BK dan memberangkatkan kontingen Kota Cirebon dalam Porprov.

Dengan segala dinamikanya KONI mampu mempersiapkan kontingen Kota Cirebon dalam ajang Porprov.

"Kami berharap penyelenggaraan olahraga tidak dikotori oleh hal-hal yang menciderai pembinaan. Karena menjunjung tinggi sportivitas itu bukan sekadar lips servis. Sebab,

kegiatan olahraga ini cara paling ampuh membangun pribadi dan karakter yang jujur," tegas Wati.

Menurutnya, olahraga itu identik dengan sportivitas. Contohnya, ketika berlaga di arena benar-benar bertarung namun setelah itu kembali bersahabat dan tetap menjaga bersilaturahmi.

"Di lapangan bertanding dan bersaing tapi setelah itu kembali berangkulan," imbuh dia.

Sedangkan Sekda Kota Cirebon Agus Mulyadi yang ikut defile rombongan kontingen Kota Udang mengaku mengapresiasi KONI yang telah mempersiapkan kontingen Kota Cirebon dengan sangat baik. 

"Semoga teman-teman KONI, atlet, manajer, pelatih dan official tetap menjaga kesehatan. Kami menghaturkan terima kasih kepada mereka yang telah bekerja keras dan semoga capaiannya sesuai target," imbuh Agus.

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya