News Kamis, 20 Januari 2022 | 12:01

Akhirnya Jokowi Membeberkan Ciri-ciri Kepala Otorita IKN Nusantara

Lihat Foto Akhirnya Jokowi Membeberkan Ciri-ciri Kepala Otorita IKN Nusantara Presiden Joko Widodo atau Jokowi. (foto: YouTube/Sekretariat Presiden).

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akhirnya membeberkan kriteria ciri-ciri kandidat calon Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Jokowi menyatakan kandidat Kepala Otorita IKN Nusantara harus memiliki kemampuan di bidang arsitektur dan berpengalaman memimpin daerah.

Namun demikian, presiden enggan mengungkap nama sosok yang akan ia pilih sebagai Kepala Otorita IKN. Jokowi hanya membocorkan ciri-ciri dari kandidat tersebut.

"Paling tidak pernah memimpin daerah dan punya background arsitek," ujar Jokowi dalam pertemuannya dengan beberapa pemimpin redaksi media massa di Istana Kepresidenan, Jakarta, dikutip dari CNNIndonesia.com pada Kamis, 20 Januari 2022.

Para peserta pertemuan pun sempat bertanya ke Jokowi, apakah kandidat itu bersuku Sunda. Jokowi hanya membalas pertanyaan tersebut dengan senyuman.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi juga berbicara soal asal-usul nama Nusantara untuk ibu kota negara. Menurutnya, nama itu ia pilih setelah menyerap aspirasi berbagai pihak.

Mantan Wali Kota Solo itu juga bicara pembangunan IKN Nusantara butuh waktu 15-20 tahun hingga selesai sempurna. Jokowi tidak khawatir proyek jangka panjang itu dihentikan presiden berikutnya karena sudah diatur undang-undang.

"Sudah disepakati oleh delapan fraksi di DPR. Artinya, suara mayoritas kekuatan politik di DPR menghendaki perpindahan ibu kota negara," tutur Jokowi.

Sebelumnya, pemerintah memutuskan untuk memindahkan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke IKN Nusantara. Niat itu telah disahkan melalui Undang-Undang IKN.

IKN Nusantara tidak akan dipimpin oleh kepala daerah, melainkan oleh otorita. Kepala Otorita IKN Nusantara adalah pejabat setingkat menteri yang dipilih presiden untuk menjabat selama lima tahun.

Sejumlah nama kandidat pernah disebut Jokowi pada Maret 2020. Mereka adalah Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Bambang Brodjonegoro, Tumiyono, serta Azwar Anas. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya