Daerah Rabu, 20 Juli 2022 | 18:07

Akibat Jalan Rusak, Warga yang Sakit di Polman Ditandu Hingga 12 Kilometer

Lihat Foto Akibat Jalan Rusak, Warga yang Sakit di Polman Ditandu Hingga 12 Kilometer Warga Polman yang harus ditandu sepanjang 12 kilometer ke Puskesmas akibat jalan rusak. (Foto: Opsi/ist)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Eka Musriang

Polman - Akibat jalan rusak, seorang warga asal Desa Lenggo, Kecamatan Bulo, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar), Nurdin, yang sakit harus ditandu sejauh 12 kilometer.

Nurdin yang menderita penyakit tipes ditandu oleh keluarga dan warga setempat lantaran jalan tidak dapat dilintasi mobil, hingga di Puskesmas Bulo yang berada di Desa Bulo, Kecamatan Bulo, Polman.

Salah seorang kerabat Nurdin, Habib Imran mengungkapkan, Nurdin ditandu menuju Puskesmas Bulo, Minggu, 17 Juli 2022 kemarin.

"Kami berinisiatif membawa Nurdin ke Puskesmas dengan cara ditandu lantaran satu-satunya akses jalan kondisinya berkubang, becek dan berlumpur," kata Imran, Rabu, 20 Juli 2022.

Sehingga tak dapat diakses menggunakan kendaraan roda empat dan hanya bisa dilalui kendaraan roda dua.

"Berangkat dari Desa Lenggo menuju Puskesmas Bulo dari pukul 08.00 Wita nanti dijemput di jalan yang bisa dilalui mobil ambulance pukul 14.00 Wita," katanya.

Imran menambahkan, jalan yang menghubungkan Desa Lenggo dan Desa Bulo, Kecamatan Bulo, Polman, Sulbar, merupakan salah satu akses yang dikeluhkan warga lantaran tak kunjung diperbaiki.

"Saat ini di Desa Lenggo sama sekali tidak bisa diakses karena jembatan gantung yang menghubungkan Desa Lenggo ke Desa Bulo putus total ditamba lagi longsoran di jalan," kata Imran.

Akibat kondisi jalan tersebut, tidak jarang ibu yang hamil anaknya meninggal dalam perjalanan saat dibawa ke Puskesmas.

"Sudah ada beberapa ibu hamil anaknya meninggal dalam perjalanan saat dibawah ke Puskesmas karena harus ditandu akibat kondisi jalan yang tak dapat dilalui kendaraan," katanya.

Imran berharap, ada perhatian dari pemerintah untuk memperbaiki jalan yang menghubungkan Desa Bulo ke Desa Lenggo, Kecamatan Bulo, Polman, Sulbar.

"Sudah puluhan tahun jalan tersebut tak kunjung diperbaiki," kata Imran.

Untuk diketahui, saat ini Nurdin sudah dirujuk di RSUD Polman untuk mendapatkan perawatan medis. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya