Daerah Selasa, 31 Mei 2022 | 10:05

Akmal Bahas Perluasan Kakao di Sulbar Bersama Perusahaan dari Jepang

Lihat Foto Akmal Bahas Perluasan Kakao di Sulbar Bersama Perusahaan dari Jepang Penjabat (Pj) Gubernur Sulbar, Akmal Malik, saat bertemu dengan Kepala Kantor Konsuler Jepang, Yatsue Katsunobu di Makassar, Senin, 30 Mei 2022 kemarin. (Foto: Opsi/ist)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Eka Musriang

Makassar - Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar), Akmal Malik membahas perluasan kakao di Sulbar bersama perusahaan dari Jepang.

Pertemuan Akmal Malik dengan Kepala Kantor Konsuler Jepang, Yatsue Katsunobu, berlangsung di Makassar, Sulsel, Senin, 30 Mei 2022 kemarin.

Akmal Malik mengungkapkan, dirinya bersama Katsunobu membahas sejumlah hal terkait potensi investasi di Sulbar, salah satunya memperluas perusahaan kakao.

"Kami membahas beberapa kerja sama antara Jepang dengan Sulbar, utamanya memperluas perusahaan kakao Jepang yang ada di Polewali," kata Akmal.

Ia juga mengungkapkan, kakao menjadi salah satu komoditas yang cukup diunggulkan di Sulbar.

"Kami juga membahas terkait potensi Sumber Daya Alam (SDA) Sulbar yang bisa dikerjasamakan dengan Jepang dalam bentuk investasi," katanya.

Bahkan, kata Akmal Malik, pihaknya secara resmi mengundang Katsunobu untuk berkunjung ke Sulbar, melihat potensi-potensi yang ada.

"Itu kami lakukan untuk mempererat kerjasama," kata Akmal.

Hal tersebut pun direspons positif Katsunobu. Ia mengaku, akan segera menjadwalkan kunjungannya ke Sulbar.

"Saya merasa, perkembangan Sulbar sangat cepat dan begitu bagus. Semoga ke depannya kerjasama investasi kami bisa terus berlanjut," kata Katsunobu.

Untuk diketahui, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Sulbar, nilai ekspor kakao pada Maret 2022 naik sebesar 193,87 persen.

Dari US$0,67 juta pada Februari 2022, menjadi US$1,97 juta pada bulan Maret 2022. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya