Daerah Kamis, 11 Agustus 2022 | 16:08

Akmal: Menpora Sarankan Festival Sandeq Digelar di Momen Haornas

Lihat Foto Akmal: Menpora Sarankan Festival Sandeq Digelar di Momen Haornas Penjabat (Pj) Gubernur Sulbar, Akmal Malik, saat bertemu dengan Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora), Zainuddin Amali. (Foto: Opsi/ist)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Eka Musriang

Jakarta - Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar), Akmal Malik, menemui Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainuddin Amali, di Jakarta, Rabu, 10 Agustus 2022 kemarin.

Dalam pertemuan tersebut, Akmal melaporkan kesiapan pelaksanaan Festival Sandeq yang rencananya akan digelar September 2022 mendatang.

Pada pertemuan itu, kata Akmal, Zainuddin Amali mengusulkan agar gelaran Festival Sandeq dirangkaikan dengan peringatan Hari Olah Raga Nasional (Haornas) 9 September 2022.

"Terkait usulan agar Festival Sandeq dirangkaikan dengan peringatan Haornas, akan kita bicarakan. Tapi pada intinya, kita siap dan patuh dengan usulan tersebut," kata Akmal.

Ia mengungkapkan, pelaksanaan Festival Sandeq tersebut terlebih dahulu akan dibicarakan dengan Wali Kota Balikpapan, Rahman Mas`ud, serta stakeholder terkait di Pemprov Sulbar.

"Festival Sandeq ini sepenuhnya menggunakan sponsorship dari pihak swasta, tidak mengunakan APBD. Intinya, semua elemen siap untuk menggelar dan menyukseskan Festival Sandeq. Ini jadi kebanggan kita," katanya.

Akmal menambahkan, Festival Sandeq akan diikuti sekitar 34 perahu Sandeq yang merupakan simbol dari 34 provinsi di Indonesia. Puluhan perahu Sandeq ini akan berlayar mengarungi Selat Makassar menuju Balikpapan, Kalimantan Timur.

"Ini merupakan simbol dari dukungan 34 provinsi di Indonesia untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dan posisi Sulbar sangat strategis sebagai penopang utama, penyuplai kebutuhan ibu kota nantinya," kata Akmal. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya