News Selasa, 02 Mei 2023 | 13:05

Aktivis Ini Ajak Seluruh Buruh di Siantar Simalungun Bangga Jadi Buruh

Lihat Foto Aktivis Ini Ajak Seluruh Buruh di Siantar Simalungun Bangga Jadi Buruh Ketua SBSI Pematang Siantar-Simalungun Ramlan Sinaga disuapi wali Kota Pematang Siantar, Senin, 1 Mei 2023. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Pematang Siantar - Aktivis perburuhan di Kota Pematang Siantar dan Kabupaten Simalungun, Sukoso Winarto mengajak seluruh buruh untuk bangga menjadi buruh. 

Disampaikannya saat peringatan Hari Buruh Internasional pada Senin, 1 Mei 2023 di Jalan Pdt Justin Sihombing No 16 Pematang Siantar, Sumatra Utara.

Hadir dalam kesempatan tersebut Wali Kota Pematang Siantar Susanti Dewayani dan Kapolres Pematang Siantar AKBP Fernando.

Sukoso yang dikenal sebagai Penasehat Serikat Buruh Solidaritas Indonesia (SBSI) Pematang Siantar-Simalungun juga berterima kasih kepada pejabat yang hadir dalam kegiatan. 

"Terima kasih kepada wali kota dan kapolres yang hadir dalam kegiatan ini. Kami berharap di peringatan Hari Buruh 2023, kita akan memberikan komitmen agar Ibu Wali Kota dr Susanti bisa hadir terus pada 1 Mei di tahun 2024," ujar Sukoso.

Katanya lagi, sebagai wali kota perempuan pertama kali di Kota Pematang Siantar, berharap Susanti masa jabatannya diperpanjang.

"Jadi khusus buat ibu agar jabatan diperpanjang. Kaum ibu harus berkomitmen dan memberikan dukungan agar kita bisa terus bersama-sama," tutur Sukoso.

Ketua SBSI Pematang Siantar-Simalungun Ramlan Sinaga menyampaikan, tahun ini pihaknya tidak melakukan aksi turun ke jalan, mengingat saat ini masih suasana libur Hari Raya Idul Fitri yang diperpanjang dengan libur Hari Buruh.

BACA JUGA: Hari Buruh, Netty Aher: Pemimpin Indonesia ke Depan Harus Pro Buruh

"Karena suasana padatnya arus lalu-lintas saat arus mudik dan arus balik, makanya kita tidak melakukan konvoi atau arak-arakan di jalan," sebut Ramlan.

Wali Kota Pematang Siantar Susanti Dewayani mengajak semua pihak untuk mengingat perjuangan tokoh buruh Indonesia, seperti Marsinah yang berjuang demi kesejahteraan para buruh. 

Dia berharap, momentum peringatan Hari Buruh semakin menunjukkan komitmen bersama dalam mewujudkan kesejahteraan buruh. 

Ia juga berharap momentum peringatan hari buruh menjadikan hubungan antara buruh dan pengusaha menjadi simbiosis mutualisme.  

"Saling menguntungkan dan saling membesarkan, sehingga meningkatkan kesejahteraan pengusaha dan buruh," sebut dokter spesialis anak tersebut.  

Pemerintah Kota Pematang Siantar kata dia, siap menerima masukan dari organisasi buruh. 

"Sekali lagi saya tegaskan, pemerintah siap menerima masukan dan saran dari teman-teman buruh," kata Susanti.

Kapolres Pematang Siantar AKBP Fernando menuturkan, buruh merupakan pahlawan bangsa. 

Ia mengaku mendukung kegiatan positif yang dilakukan oleh SBSI Kota Pematang Siantar. 

"Buruh berhak disejahterakan," tandasnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya