Hiburan Sabtu, 15 Oktober 2022 | 14:10

Aktor Pemeran Hagrid di Film Harry Potter, Robbie Coltrane Meninggal Dunia

Lihat Foto Aktor Pemeran Hagrid di Film Harry Potter, Robbie Coltrane Meninggal Dunia Aktor pemeran Hagrid, Robbie Coltrane. (Foto: Istimewa)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Aktor pemeran Rubeus Hagrid, penjaga raksasa dalam film Harry Potter, Robbie Coltrane meninggal dunia pada Jumat, 14 Oktober 2022 waktu setempat. Bintang film asal Skotlandia itu, wafat dalam usia 74 tahun.

Laman The Hollywood Reporter melaporkan, kabar tersebut sudah mendapat konfirmasi dari agen yang menangani sang aktor, Belinda Wright. Dia bilang, Robbie Coltrane menghembuskan napas terakhirnya di rumah sakit Skotlandia.

Robbie Coltrane wafat meninggalkan seorang saudara perempuan, Annie Rae, anak-anaknya, Spencer dan Alice, serta seorang ibu, Rhona Gemmell.

"Selain sebagai aktor yang luar biasa dan setelah 40 tahun bangga disebut agennya, saya akan merindukannya," kata Belinda Wright, dikutip Opsi pada Sabtu, 15 Oktober 2022.

Aktor pemeran Hagrid, Robbie Coltrane. (Foto: Istimewa)

Terlahir dengan nama Anthony Robert McMillan pada 30 Maret 1950, di Glasgow, Skotlandia, sebagai putra seorang dokter dan guru, Robbie Coltrane sendiri memulai karirnya di dunia komedi dan teater.

Setelah lulus dari Glasgow Art School, dia melanjutkan studinya di bidang seni di Moray House College of Education di Edinburgh.

Tetapi karena usahanya untuk menjadi seorang seniman gagal, Coltrane berpartisipasi dalam stand-up comedy di klub-klub Edinburgh. Dia mengubah nama belakangnya untuk menghormati legenda jazz John Coltrane.

Publik mengenal Coltrane saat dia memainkan Dr. Edward "Fitz" Fitzgerald, seorang psikolog kriminal anti-sosial dalam seri berjudul Cracker Jimmy McGovern yang tayang lebih dari 25 episode antara 1993 dan 2006.

Robbie Coltrane memenangkan tiga penghargaan aktor televisi terbaik BAFTA berturut-turut untuk peran itu.

Penampilan itu membuat Coltrane berperan dalam dua film James Bond, memerankan tokoh Valentin Zukovsky di judul James Bond: GoldenEye dan James Bond: The World Is Not Enough.

Tapi kebanyakan orang tahu Coltrane dari peran pendukung besar lainnya yakni sebagai Rubeus Hagrid, penjaga raksasa dalam film Harry Potter, dimulai pada tahun 2001.

Baca juga: Vokalis The Rolling Stones, Mick Jagger Kena Kabar Hoaks Meninggal Dunia

Baca juga: Reza Gunawan, Suami Dee Lestari Meninggal Dunia

Coltrane juga menulis sebuah otobiografi berjudul Coltrane in a Cadillac dan membintangi serial televisi pada tahun 1993 yang memungkinkannya berkendara melintasi Amerika dari Los Angeles ke New York City dengan Cadillac klasik 1951. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya